Pengembangan bahan ajar kamus sejarah Indonesia kuno sebagai penunjang materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Kiki Candra Nalurita Ciptadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kamus sejarah Indonesia kuno sebagai penunjang materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Kiki Candra Nalurita Ciptadi

Ciptadi, Kiki Candra Nalurita (2017) Pengembangan bahan ajar kamus sejarah Indonesia kuno sebagai penunjang materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Kiki Candra Nalurita Ciptadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ciptadi Kiki Candra Nalurita. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kamus Sejarah Indonesia Kuno Sebagai Penunjang Materi Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia Kelas X SMA Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci bahan ajar pembelajaran sejarah dan Kamus Sejarah Indonesia Kuno. Pembelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu mengalami permasalahan dalam mempelajari materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Peserta didik dan guru kesulitan ketika dihadapkan pada istilah-istilah yang terdapat di dalam materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Bahan ajar berupa buku Lks dan modul kurang memberikan penjelasan istilah yang lebih luas sehingga dibutuhkan bahan ajar penunjang yang akan memudahkan peserta didik kelas X dalam pembelajaran sejarah. Kamus Sejarah Indonesia Kuno merupakan sebuah kamus yang berisi istilah-istilah yang terdapat dalam materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia untuk memudahkan peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar Kamus Sejarah Indonesia Kuno sebagai penunjang materi Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi oleh Sugiyono. Model penelitian dan pengembangan ini dilakukan dalam sembilan tahap antara lain (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk. Instrumen pengumpul data menggunakan angket dan wawancara. Uji validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli pembelajaran. Uji coba produk dilakukan oleh peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu. Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan bahwa produk Kamus Sejarah Indonesia Kuno valid dengan presentase 81 6 %. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa produk Kamus Sejarah Indonesia Kuno valid dengan persentase 83 6 %. Uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan dengan cara simple random sampling. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa produk Kamus Sejarah Indonesia Kuno valid dengan persentase 83 6 %. Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa produk Kamus Sejarah Indonesia Kuno valid dengan persentase 81 6 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk Kamus Sejarah Indonesia Kuno valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang dalam pembelajaran sejarah materi kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55213

Actions (login required)

View Item View Item