Pengembangan website pembelajaran online berbasis CMS JCOW pada materi pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran untuk program studi pendidikan sejarah / Muhammad Rofiul Alim

Alim, Muhammad Rofiul (2017) Pengembangan website pembelajaran online berbasis CMS JCOW pada materi pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran untuk program studi pendidikan sejarah / Muhammad Rofiul Alim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alim, Muhammad Rofiul. 2017. Pengembangan Website Pembelajaran Online Berbasis CMS Jcow Pada Materi Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Untuk Program Studi Pendidikan Sejarah. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum. Kata Kunci :website pembelajaran,media pembelajaran, pendidikan sejarah. Pemanfaatan teknologi untuk dunia pendidikan sangatlah membantu dan berdampak positif terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan salah satunya berbentuk website pembelajaran online.Pembuatan website pembelajaran online dapat di manfaatkan untuk pembelajaran sejarah sebagai bentuk inovasi dalam media pembelajaran berbasis online.Pembuatan website pembelajaran online menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Observasi awal dilakukan pada tanggal 4-5 april 2016, tentang pemanfaatan dan pentingnya website pembelajaran online yang diisi oleh peserta didik Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Hasil dari kuesioner/ angket dari 20 responden menunjukkan bahwa website pembelajaran online 82,5% bermanfaat. Penggunaan website pembelajaran online dalam satu minggu berjumlah 52 % yang berarti tidak sering dan 87,5% membutuhkan website pembelajaran online untuk Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Berdasarkan penelitian dilaksanakan di kelas kecil dan besar, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama website pembelajaran online menjadi sebuah inovasi yang tergolong baru untuk pembelajaran sejarah, pada umumnya website pembelajaran online bersifat umum dan tidak spesifik pada pembelajaran sejarah. Script yang digunakan dalam membangun website pembelajaran sejarah UM atau historia book menggunakan CMS Jcow.Kedua, pengalaman dalam menggunakan website pembelajaran menjadi permasalahan yang terlihat pada kelas kecil dan besar. Kesulitan kelas besar menjalankan website pembelajaran online terindikasi kurangnya pengalaman subjek coba masalah website pembelajaran.Ketiga, hosting dan domain yang layak akan memberikan tampilan maksimal dalam menggunakan website pembelajaran online. Hosting dan domain dalam kategori premium membuat akses website pembelajaran dari segi kecepatan akses, gangguan server, dan back uplebih baik dari pada kategori biasa. Hasil validasi media mendapatkan 92,5% dan materi mendapatkan 95%, sedangkan uji coba kelas kecil mendapatkan rata-rata 92,75% dan kelas besar mendapat rata-rata 85,15%.Historia book sebagai inovasi media pembelajaran dan dapat dikolaborasikan dengan E-learning UM. 

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55210

Actions (login required)

View Item View Item