Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (BHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Sumberpucung Malang / Nanang Chusen Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (BHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Sumberpucung Malang / Nanang Chusen Firmansyah

Firmansyah, Nanang Chusen (2017) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (BHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Sumberpucung Malang / Nanang Chusen Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firmansyah NanangChusen. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSejarah Indonesia SiswaKelas XI IIS 3 SMAN 1 Sumberpucung Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing AdityaNugrohoWidiadiS.Pd M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaranNumbered Heads Together keaktifanbelajar hasilbelajar. Padahasilobservasiawal yang dilaksanakanpadatanggal 12 Agustus 2016 di SMAN 1 Sumberpucung Malangkelas XI IIS 3 diketahuibahwahasilbelajarsiswamasihrendahataumasihbanyak yang tidakmemenuhi KKM yang ditentukanyakni 8805 75. KeadaantersebutdapatdibuktikandenganhasilUlanganHarian (UH) siswakelas XI IIS 3 yang memenuhi KKM atau yang mendapatnilaidiatas 75 sebanyak 9 siswadari 30 siswadan yang lainnyamendapatnilaidibawah KKM.Hasilbelajarsiswadigunakanuntukmengetahuitercapainyasuatutujuanpembelajaran.Hasilbelajarsiswadapatdijadikanacuantingkatkeberhasilansebuah model pembelajaran.Keantusiasansiswadalammenerimamaterijugasangatrendah terbuktidisaat proses pembelajaranberlangsungterlihatmasihbanyaksiswa yang melakukanaktifitasdiluarkontekspembelajaran. Disiniterlihatjugabahwakeaktifansiswacenderungrendah dalampenelitianinikeaktifansiswadibatasipadaempataspek yaitudalamhalbertanya menjawabpertanyaan mengemukakanpendapatdanbekerjakelompok.Berdasarkan temuanawalpeneliti maka perlu adanya upaya perbaikan dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan modelpembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran sejarah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (classroom action research).Penelitianinidilaksanakandalam II siklus.Setiapsiklusterdiridari 2 pertemuandan 4 tahapkegiatan yang meliputiperencanaankegiatan pelaksanaankegiatan pelaksanaantindakan observasidanevaluasi. Padapenelitianiniditerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahdenganobservasipadasaatpembelajaranberlangsung lembarobservasi danmemberikantes di setiapakhirsiklussertadokumentasi.Penelitiandilakukan di SMAN 1 Sumberpucung Malang kelas XI IIS 3 denganjumlah 30 siswa. Dari hasilpenelitiansetelahditerapkannya model pembelajaranNumbered Heads Together keaktifansiswamengalamipeningkatanpadasetiapsiklus terbuktipadasiklus I prosentasekeaktifansiswamencapai 68 03danmengalamipeningkatanpadasiklus IIdenganprosentase 87. Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadasetiapsiklus.Padasiklus I hasilbelajarsiswamencapai 69 50danmengalamipeningkatanmenjadi 80 43 padasiklus II. Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranNumbered Heads TogetherterbuktidapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranSejarah Indonesia di SMAN 1 Sumberpucung Malang.Penerapan model pembelajarantersebutdapatditerapkandenganmemperhatikanpengelolaankelas yang baikdanpengaturanmanajemenwaktu yang tepatdengantujuan model pembelajaranNumbered Heads Together dapatdilaksanakansesuaidengantahapannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55208

Actions (login required)

View Item View Item