Peranan pesawat tempur generasi ketiga dalam kancah perang udara di Vietnam (1965-1972) / Satria Budhi Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan pesawat tempur generasi ketiga dalam kancah perang udara di Vietnam (1965-1972) / Satria Budhi Wicaksono

Wicaksono, Satria Budhi (2017) Peranan pesawat tempur generasi ketiga dalam kancah perang udara di Vietnam (1965-1972) / Satria Budhi Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono SatriaBudhi. 2016. PerananPesawatTempurGenerasiKetigaDalamKancahPerangUdara di Vietnam (1965-1972). Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitaasNegeri Malang. PembimingDrs.Marsudi M.Hum. Kata kunci PesawatTempur GenerasiKetiga PerangUdara Vietnam. Perang Vietnam tidaklepasdaripengaruhpolitikdunia. Mengingat Vietnam sendirimerupakannegara yang barulepasdarijajahanPerancisdanpendudukanJepang. konflik di Vietnam terjadi di berbagaimedanpertempuransalahsatunya di wilayahudaradenganpesawattempur yang jauhlebih modern daripadamasa PD II. Perananpesawattempurmenjadisignifikan di pihak Vietnam Utara dan Selatan. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1)bagaimanajalannyaperang VietnampascaintervensiAmerikaSerikat (2)bagaimanaperkembanganteknologipesawattempurpasca PD II hinggaperang Vietnam 1945-1972 (3)bagaimanaperananpesawattempurgenerasiketigadalamperangudara di Vietnam 1965-1972. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankepustakaanyaitu kegiatanpenelitiandenganbahan data darisumber-sumberpustaka.Dalampenelitianinimemilikiempattahapanyaitumenyiapkanalat bantu penelitian membuatbibliografi manajemenwaktu danmengolah data penelitian. Dalampenelitiankepustakaanperlumenyiapkanalat yang dapatmembantupengumpulan data selama proses penelitiandanmenyimpancatatanpenelitian.. Hasilpenelitianiniadalah (1)pascaketerlibatanAmerikaSerikat (AS) perangsaudaraantara Vietnam Utara danselatanmenjadisemakinmeluashingake Laos danKamboja.Vietnam Utara danpemberontak di selatanmendapatdukungandarikomunisUni Soviet danCinadalamsaranadanprasaranamiliter (2)pesawattempurMiG-15 dan F-86adalahpesawat jetgenrasipertama yang bertempurpadamasaperang Korea. Evaluasipersenjataandandesaindaripesawatdiperbaikipascaberakhirnyaperang Korea. GengerasikeduadanketigaditerjunkanpadamasaperangvietnamGenerasiketigapesawattempurdimulaipadakisarantahun 1960-anseperti F-4 dan MiG-21 (3)selamaperang VietnamPresiden AS Lyndon B. Johnson mengelaroperasipengebomandengankodeOperation Rolling ThunderF-4 mengwal F-105 dan B-52.PihakVPAF yang bersifatdefensifmenerjunkanMiG-17 dan MiG-21sebagai Interceptor. OperasiRolling ThunderdihentikanpadmasajabatanPresidenRicard Nixon. Dan operasipenebomanbarudigelardengankodeOperation Linebacker I IItujuannyauntukmenyeret Vietnam Utara kemejaperundingantapigagal. Penelitianmengenaiperkembanganteknologiselamamasakonflikmasihperludikembangkan. Mengingatperangbukanhanyasebuahtragedimelainkankejadiankompleks. Banyakpenemuanbaru di bidangteknologisepertilontardanrudaldimanapertempuranantarpesawattempurdapatdimulaidarijarakjauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55203

Actions (login required)

View Item View Item