Penggunaan buku sejarah Indonesia dalam pembelajaran sejarah di SMA Brawijaya Smart School Malang / Ayu Fitriya Tinnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan buku sejarah Indonesia dalam pembelajaran sejarah di SMA Brawijaya Smart School Malang / Ayu Fitriya Tinnisa

Tinnisa, Ayu Fitriya (2017) Penggunaan buku sejarah Indonesia dalam pembelajaran sejarah di SMA Brawijaya Smart School Malang / Ayu Fitriya Tinnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tinnisa Ayu Fitriya. 2015. Penggunaan Buku Sejarah Indonesia dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Jurusan sejarah. FIS. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M. Pd. Kata Kunci Penggunaan Buku Sejarah Indonesia Pembelajaran Sejarah Efektifitas Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan buku Sejarah Indonesia sebagai buku teks dan efektivitasnya dalam pembelajaran di SMA Brawijaya Smart School Malang. Penggunaan buku dilihat dari penggunaan buku Sejarah Indonesia saat kegiatan pembelajaran berupa membaca berdiskusi dan bertanya. Sedangkan efektifitas buku Seajrah Indonesia dilihat dari hasil belajar peserta didik di SMA Brawijaya Smart School selama menggunakan buku sejarah Indonesia. Model penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah siswa dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara dan observasi. Penggunaan dan efektivitas buku Sejarah Indonesia merupakan fokus dalam penelitian ini. Pengujian objektivitas dan keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode dengan membandingkan kajian pustaka yang digunakan dengan hasil wawancara dan hasil pengamatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaksi yang terdiri dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan buku Sejarah Indonesia di SMA BSS tidak dipakai sepenuhnya oleh seluruh kelas. Kelas X dan kelas XI IPA menggunakan buku Sejarah Indonesia kelas XI IPS menggunakan buku tersebut hanya saat mengerjakan tugas proyek dan kelas XII tidak menggunakan buku tersebut sama sekali dalam pembelajaran. Penggunaan buku Sejarah Indonesia selama pembelajaran berupa membaca dengan cermat buku masing-masing berdiskusi dengan teman sekelompoknya dalam memahami lebih dalam tentang materi yang dipelajari dan bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami dalam buku Seajrah Indonesia yang digunakan. Penggunaan buku sejarah indonesia di SMA BSS cukup efektif. Berdasarkan data nilai peserta didik kelas X diperoleh bahwa dari 82 peserta didik rata-rata nilainya adalah 78 30. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik rata-rata nilainya berada di atas KKM sehingga penggunaan buku Sejarah Indonesia telah efektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55202

Actions (login required)

View Item View Item