Kusuma, Vefi Afrilia (2016) Penerapan jigsaw dalam pembelajaran sejarah berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 3 Malang kelas XI IIS 4 / Vefi Afrilia Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusuma Vefi Afrilia. 2016. PenerapanJigsaw Dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 2 Malang Kelas XI IIS 4. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Kata Kunci pembelajaran jigsaw multiple intelligences sejarah berpikir kritis. SMANegeri 2 Malang merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Malang namun dalam kegiatan pembelajarannya siswa tidak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis khususnya pada matapelajaran sejarah. Kemajuan teknologi menjadikan siswa kurang memperhatikan gurudan membuat siswa menjadi tidak aktif dalam belajar. Pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa merasa jenuh selama pelajaran sejarah sehingga siswa memilih untuk bermain handphone atau tidur.Hal ini mengakibatkan tidak meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu perlu adanya alternatif pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di kelas. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pembelajaran berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaranjigsawberbasis multiple intelligences dan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya pembelajaranjigsawberbasis multiple intelligences pada matapelajaran sejarah di kelas XI IIS 4 SMANegeri2Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data diperoleh dari lembar observasidan angket. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IIS 4 SMANegeri2Malangdengan jumlah 29 siswa pada materi Organisasi Pergerakan Nasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama pelaksanaan pembelajaranjigsawberbasis multiple Intelligences pada penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus 1 pertemuan 1 dan 2pembelajaran di kelas dapat dikatakan lancar meskipun ada kekurangan seperti siswa yang masih terlihat mengoperasikan handphone saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus 2 pembelajaran berjalan dengan sangat baik. Kedua penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Malang.Sebelum adanya tindakan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 33 42dengan kategori kurang baik. Kemudian setelah pelaksanaan siklus 1 pertemuan 1 dan 2menunjukkan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 36 58dan 52 10 dengan kategori cukup baik. Setelah pelaksanaan siklus 2 menunjukkan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswasebesar 72 66 dengan kategori baik sekali. Peningkatan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa dari sebelum tindakan pembelajaran berbasis multiple intelligences ke siklus 1 pertemuan 1 dan 2 sebesar 18 72 sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20 56.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |