Umami, Lia Zahrotu (2016) Penerapan model pembelajaran qiuz team untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-5 pada pelajaran sejarah di SMAN 1 Karangan trenggalek / Lia Zahrotu Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Umami Lia Zahrotu. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-5 pada Pelajaran Sejarah di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Kata Kunci model pembelajaran quiz team motivasi hasil belajar Peranan motivasi belajar dalam pembelajaran sejarah sangatlah penting karena dengan adanya motivasi tujuan pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Namun dalam kegiatan pembelajaran sejarah di SMAN 1 Karangan Trenggalek khususnya kelas X-5 proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya banyak siswa yang mengantuk berbicara sendiri bermain sendiri sehingga mereka tidak memerhatikan materi yang disampaikan guru dan cenderung pasif dalam proses pembelajaran sejarah. Hal ini berpengaruh pada motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah memengaruhi hasil belajar siswa. Ketika siswa mendapatkan nilai kurang memuaskan bagi siswa adalah hal yang biasa sehingga siswa tidak termotivasi mendapatkan nilai yang lebih baik. Jika hal demikian dibiarkan saja oleh guru dan tidak diupayakan perbaikan maka tujuan kegiatan pembelajaran sejarah tidak akan tercapai dengan maksimal. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan memberikan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif yaitu model pembelajaran quiz team. Model pembelajaran quiz team merupakan pembelajaran tipe kuis akademis dengan membentuk beberapa kelompok. Dengan quiz team siswa lebih aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan sehingga tercipta suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-5 pada pelajaran sejarah di SMAN 1 Karangan melalui penerapan model pembelajaran quiz team dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 pada pelajaran sejarah di SMAN 1 Karangan melalui penerapan model pembelajaran quiz team. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan data hasil belajar Ujian Tengah Semester. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari observasi angket tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-5 SMAN 1 Karangan Trenggalek dengan jumlah 36 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah paleolitik mesolitik neolitik dan zaman logam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama motivasi belajar siswa kelas X-5 SMAN 1 Karangan Trenggalek sebelum adanya model pembelajaran quiz team skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 40 4 tergolong kategori kurang. Setelah pelaksanaan pembelajaran melalui model quiz team pada pertemuan ke-1 siklus I skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 59 6 tergolong kategori cukup dan pertemuan ke-2 siklus I sebesar 64 2 tergolong kategori baik. Pada siklus I pembelajaran dengan model quiz team belum berjalan lancar. Antusias siswa terhadap model pembelajaran quiz team masih kurang. Model pembelajaran quiz team baru pertama diterapkan di kelas X-5 sehingga banyak siswa yang belum memahami pelaksanaan model quiz team. Selain itu siswa juga tidak memerhatikan pembelajaran dan ramai sendiri. Pada pertemuan ke-3 siklus II skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 74 tergolong kategori baik dan pertemuan ke-4 sebesar 91 3 tergolong kategori sangat baik. Pada siklus II pembelajaran dengan model quiz team berjalan lancar. Siswa terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kedua hasil belajar siswa sebelum adanya model pembelajaran quiz team skor rata-rata hasil belajar berdasarkan perolehan evaluasi hasil belajar siswa pada saat Ujian Tengah Semester sebesar 40 8 tergolong kategori kurang. Setelah pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran quiz team pada pertemuan ke-1 siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 60 3 tergolong cukup dan pertemuan ke-2 siklus II sebesar 62 9 tergolong kategori baik. Kurangnya antusias siswa dalam pembelajaran dengan quiz team memengaruhi hasil belajar siswa pada siklus I sehingga banyak siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar. Pada pertemuan ke-3 siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72 4 tergolong kategori baik dan pertemuan ke-4 siklus II sebesar 85 tergolong sangat baik. Pada siklus II menunjukkan antusias dan keaktifan yang lebih baik selama proses pembelajaran dengan quiz team sehingga berpengaruh pada nilai siswa yang meningkat dan mencapai ketuntasan belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |