Eksistensi musik Death Metal di Kota Malang 1994-an - 2013 dan nilai-nilai edukasinya / Indra setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi musik Death Metal di Kota Malang 1994-an - 2013 dan nilai-nilai edukasinya / Indra setiawan

Setiawan, Indra (2016) Eksistensi musik Death Metal di Kota Malang 1994-an - 2013 dan nilai-nilai edukasinya / Indra setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Indra. Eksistensi Musik Death Metal di Kota Malang 1994-an 2013 dan Nilai-Nilai Edukasinya. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Deni Yudho Wahyudi S.Pd M. Hum Kata Kunci death metal musik genre band Kota Malang Eksistensi musik death metal di Kota Malang dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang pertama adalah Malang merupakan kota pertama di Indonesia yang mengenalkan musik death metal dan membuat beberapa band kota lain terinspirasi sehingga kemudian banyak band berlomba-lomba menunjukan kemampuannya dalam event underground. Kedua adalah pertumbuhan penduduk Kota Malang yang pesat banyak remaja di Kota Malang yang membutuhkan suatu wadah untuk mengekspresikan diri dan mencari jatidiri mereka yang kemudian bergabung ke dalam komunitas death metal. Berawal dari uraian di atas tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana eksistensi musik death metal di Kota Malang 1994-an -2013 2) Bagaimana nilai-nilai edukasi musik death metal di Kota Malang 1994-an -2013 . Tujuan penelitian ini adalah 1)mengetahui perkembangan musik death metal di Kota Malang 1994-an -2013 2) menjelaskan eksistensi musik death metal di Kota Malang 1994-an -2013. Tulisan ini merupakan kajian historis oleh karena itu metode yang digunakan adalah metode sejarah. Metode sejarah terdiri beberapa langkah diantaranya 1) pemilihan topik 2) heuristik 3) kritik 4) interpretasi dan 5) historiografi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data juga dilakukan melalui wawancara dengan para narasumber sehingga apabila dalam pengumpulan sumber tertulis dapat diatasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa 1) perkembangan musik death metal di Kota Malang mengalami perkembangan yang pesat banyak metalhead yang mendirikan komunitas atau scene musik death metal perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif bagi makin luasnya penyuka musik ini. Musik death metal masih eksis di Kota Malang dengan dukungan banyak band dan scene musik yang selalu solid dalam jalur underground dan mengadakan event-event musik sebagai wadah kreativitas band death metal. 2) nilai-nilai dari eksistensi musik death metal berkaitan dengan 18 pendidikan karakter dalam kurikulum yang dibuat oleh Diknas musik death metal muncul dalam kegiatan sekolah dan juga dalam diri masyarakat melalui semangat berkarya dan kemandirian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55195

Actions (login required)

View Item View Item