Kurniawan, Jeffry Dwi (2016) Sejarah perkembangan Kebon Rojo sebagai ruang terbuka hijau di Kota Blitar pada tahun 18901n-2013 dan nilai-nilai pendidikannya / Jeffry Dwi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Jeffry Dwi. 2015. Sejarah Perkembangan Kebon Rojo sebagai Ruang Terbuka Hijau di Kota Blitar Tahun 1890an-2013 dan Nilai-Nilai Pendidikannya. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum. Kata Kunci sejarah perkembangan Kebon Rojo ruang terbuka hijau nilai-nilai pendidikannya. Perkembangan kota yang pesat selalu menimbulkan masalah lingkungan seperti berkurangnya ruang terbuka hijau. Salah satu aspek terpenting di perkotaan adalah adanya ruang terbuka hijau. Didirikannya Kebon Rojo merupakan salah satu aspek untuk memenuhi ketersediaan ruang terbuka hijau. Kebon Rojo merupakan taman kota yang berada di Kota Blitar. Keberadaan Kebon Rojo telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Blitar dari zaman kolonial sampai saat ini dan akan terus di tumbuhkembangkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan pentingnya ruang terbuka hijau. Rumusan Masalah di penelitian ini yaitu (1) bagaimana latar sejarah berdirinya Kebon Rojo di Kota Blitar. (2) bagaimana sejarah perkembangan Kebon Rojo sebagai ruang terbuka hijau di Kota Blitar pada Tahun 1890an 2013 dan nilai-nilai pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui latar sejarah berdirinya Kebon Rojo di Kota Blitar. (2) mengetahui sejarah perkembangan Kebon Rojo sebagai ruang terbuka hijau di Kota Blitar pada Tahun 1890an 2013 dan nilai-nilai pendidikannya. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah. Terdapat lima langkah yang ditempuh yakni pemilihan topik heuristik kritik interpretasi dan historiografi. Pemilihan topik menggunakan dua pendekatan yaitu kedekatan intelektual dan kedekatan emosional. Heuristik adalah pengumpulan sumber sejarah yang terdiri atas sumber primer dan sekunder. Kritik bertujuan untuk mencari kebenaran dengan cara mengecek keabsahan data yang diperoleh. Kritik sumber dapat dilakukan dengan dua cara yaitu kritik eksternal dan kritik internal. Interpretasi ada dua cara yaitu analisis dan sintesis. Hasil intepretasi kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan yang disusun secara kronologis hal ini biasa disebut dengan historiografi yang merupakan tahap akhir dari penelitian sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pertama latar sejarah berdirinya Kebon Rojo Blitar belum dapat diketahui namun keberadaan taman kota di Blitar sudah ada pada tahun 1890. Pada awalnya area Kebon Rojo ini dimiliki oleh para pemilik modal dari Belanda yang membuka perkebunan kopi dan pabrik gula di Blitar serta difungsikan sebagai laboratorium tanaman unggulan tempat rekreasi bagi warga Belanda dan warga Blitar. Kedua perkembangan Kebon Rojo pada masa Hindia-Belanda Tahun 1890-1942 terlihat rindang dan bersih namun pada masa Pendudukan Jepang Tahun 1942-1945 mengalami penurunan dalam segi kualitas tumbuhan karena pada masa ini digunakan sebagai tempat militer. Perkembangan Kebon Rojo pada masa Orde Lama dan Orde Baru Tahun 1945-1998 mengalami penyempitan terkesan kurang terawat dan digunakan untuk wisata malam bagi kaum hidung belang. Perkembangan Kebon Rojo pada Masa Reformasi Tahun 1998-2013 sewaktu dipimpin oleh Djarot Saiful Hidayat disinilah Kebon Rojo mulai di fungsikan sebagai ruang terbuka hijau di mulai dari pemberian pagar besi di sekeliling Kebon Rojo dan pendirian Tugu Satu Abad Bung Karno kemudian dilanjutkan oleh Samanhudi Anwar dan pada masa kepemimpinan beliaulah Kebon Rojo digunakan sebagai taman bermain dan edukasi. Nilai-nilai pendidilan dalam perkembangan Kebon Rojo sebagai ruang terbuka hijau di kota Blitar ini dapat diajarkan dijenjang SMA kelas XI IPS Sejarah Wajib. Selain itu terdapat nilai karakter yang terkandung dalam perkembangan Kebon Rojo sebagai ruang terbuka hijau di Kota Blitar yaitu cinta tanah air peduli lingkungan tanggung jawab gemar membaca dan rasa ingin tahu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |