Perkembangan organisasi sosial keagamaan Rifa'iyah di Kabupaten Indramayu 2002-2012 / Miskad - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan organisasi sosial keagamaan Rifa'iyah di Kabupaten Indramayu 2002-2012 / Miskad

Miskad (2016) Perkembangan organisasi sosial keagamaan Rifa'iyah di Kabupaten Indramayu 2002-2012 / Miskad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Miskad. 2015. Perkembangan Organisasi Sosial Keagamaan Rifa iyah di Kabupaten Indramayu Tahun 1990-2012. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Siti Malikha Towaf. M. A. Ph.D. Kata Kunci Perkembangan Organisasi Sosial Keagamaan Kabupaten Indramayu. Kehidupan masyarakat tidak terlepas dari aktivitas beribadah (ubudiyah) sehari-hari. Untuk melakukan kegiatan ibadah itulah diperlukan adanya badan atau lembaga resmi yang mampu mengarahkan masyarakat dalam berbagai hal. Terutama yang menyangkut kegiatan keagamaan di sini peran organisasi sosial keagamaan sangat dibutuhkan untuk melaksanakan itu semua. Organisasi sosial keagamaan mengalami berbagai sejarah perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Perkembangannya dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari anggota pemerintah masyarakat maupun lingkungan sekitar. Dalam kajian ini peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yakni (1) Pemilihan Tema (2) Heuristik (3) Verifikasi (4) Interpretasi (5) Historiografi. Rumusan permasalahan penelitian sendiri meliputi (1) Sejarah Berdirinya Organisasi Rifa iyah (2) Perkembangan Organisasi Sosial Keagamaan Rifa iyah (3) Peran Organisasi Sosial Keagamaan Rifa iyah terhadap perubahan sosial di Indramayu.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berdiri perkembangan dan peran sosial Rifa iyah sebagai organisasi sosial keagamaan di tengah kehidupan masyarakat. Hasil pembahasan dari penelitian iniadalah Rifa iyah sebagai organisasi sosial keagamaan yang didirikan pada 1991 oleh tokoh-tokoh Rifa iyah dengan visi meneruskan dakwah K.H Ahmad Rifa i. Latar belakang munculnya Rifa iyah di Kabupaten Indramayu dibawa oleh Kyai Idris bin Ilham dan secara resmi terbentuk pada 2002. Pengaruh perubahan sosial terhadap masyarakat tercapai dengan diadakannya kegiatan sosial seperti santunan anak yatim fakir-miskin donor darah serta seminar keorganisasian masyarakat di wilayah Indramayu. Kesimpulan hasil pembahasan ini adalah organisasi Rifa iyah berdiri pada 1991. Sedangkan organisasi tingkat daerah Indramayu terbentuk secara resmi pada 2002. Perannya adalah membina dan mengarahkan masyarakat baik dalam kehidupan sosial maupun keagamaannya. Penelitian mengenai organisasi keagamaan hendaknya dijadikan acuan untuk membina serta mengarahkan kehidupan masyarakat agar tercipta suatu masyarakat yang madani serta religius.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55188

Actions (login required)

View Item View Item