Penggunaan media slide dan penerapan metode belajar sejarah di SMA Negeri 8 Malang kelas XI MIPA semester gasal tahun ajaran 2015/2016 / Ririn Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media slide dan penerapan metode belajar sejarah di SMA Negeri 8 Malang kelas XI MIPA semester gasal tahun ajaran 2015/2016 / Ririn Suryani

Suryani, Ririn (2016) Penggunaan media slide dan penerapan metode belajar sejarah di SMA Negeri 8 Malang kelas XI MIPA semester gasal tahun ajaran 2015/2016 / Ririn Suryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryani Ririn.2015. Penggunaan Media Slide Dan Penerapan Metode Belajar Sejarah Di SMA Negeri 8 Malang Kelas XI MIPA Semester Gasal Tahun Ajaran 2015/2016.. Skripsi jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembiming Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci Proses Pembelajaran Media Metode SMA Negeri 8 Malang Di SMA Negeri 8 Malang merupakan SMA yang menerapkan kurikulum 2013 dimana mata pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran wajib di kelas XI MIPA tetapi sebagian siswa meremehkan pelajaran sejarah karena siswa kelas XI MIPA lebih mementingkan pelajaran yang berbasis MIPA seperti biologi fisika kimia dan lain-lain. Karena siswa merasa kemampuan pada mata pelajaran yang lain harus lebih bagus dari pada kemampuannya dalam mata pelajaran sejarah sehingga minat belajar siswa terhadap pelajaran sejarah menjadi berkurang. Dengan anggapan sebagian besar siswa seperti ini maka diperlukan upaya untuk menarik siswa untuk dapat antusias dalam pelajaran sejarah khususnya pada kelas XI MIPA sehingga mata pelajaran sejarah tidak hanya dianggap mata pelajaran tambahan di dalam kelas XI MIPA tetapi juga mata pelajaran wajib yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Untuk dapat menarik siswa dalam mempelajari sejarah khususnya kelas XI MIPA maka diperlukan upaya seperti penggunaan media yang menarik bagi siswa dan penerapan metode belajar dengan model yang bervariasi selama proses belajar berlangsung. Dalam proses pembelajaran kemampuan seorang guru dalam menyampaikan suatu pelajaran tergantung pada cara atau metode serta media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Guru diharapkan dapat menggunakan metode yang tepat dalam menyampaikan suatu materi pelajaran serta didukung oleh media tepat pula terutama mata pelajaran sejarah. Dengan demikian penggunaan metode dan media dalam rangkaian sistem pembelajaran memegang peran yang sangat penting karena keberhasilan pembelajaran dipengaruhi pula oleh cara guru dalam menggunakan metode dan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu (1) Mendiskripsikan penggunaan media selama proses belajar di kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Malang. (2) Mendiskripsikan penerapan metode belajar yang digunakan oleh guru di kelas XI MIPA selama proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupa paparan data berbentuk visual yang terdapat dalam proses pembelajaran sejarah di kelas XI MIPA yang diperoleh dari hasil pengamatan selama proses belajar sejarah di kelas dan wawancara dengan guru sejarah dan siswa kelas XI MIPA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Kegiatan Analisis data dimulai dengan reduksi data penyajian data kesimpulan dan verifikasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan perpanjangan pengamatan ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama guru dan siswa menggunakan media dalam proses pembelajaran sejarah berlangsung. guru lebih banyak menggunakan media gambar peta serta foto yang dicantumkan dalam slide power point yang ditampilkan dengan laptop dan LCD serta menggunakan buku pelajaran Sejarah Indonesia dan internet sebagai media pendukung. Kedua metode yang sering kali guru sejarah gunakan dalam menyampaikan materi adalah metode diskusi ceramah dan tanya jawab. Sampai saat ini metode ceramah masih dianggap lebih efektif oleh siswa karena siswa masih jarang mendapatkan pelajaran dengan metode dan model pembelajaran seperti game video dan film. Berdasarkan penelitian ini penulis mengharap pihak sekolah lebih meningkatkan lagi program pelatihan guru dalam rangka peningkatan kemampuan guru dalam memilih media serta meningkatkan kemampuan guru untuk dapat memilih metode pembelajaran dengan model-model yang lebih bervariasi. Untuk guru sejarah diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran sejarah yang lebih bervariasi lagi dan menerapkan model pembelajaran yang lebih beragam. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam lagi tentang penggunaan media dan penerapan metode pembelajaran sejarah yang diterapkan disekolah. Hal ini dikarenakan masih banyaknya sekolah yang belum memiliki fasilitas pendukung untuk menerapkan metode pembelajaran yang didukung oleh media yang baik serta kemampuan guru dalam mengembangkan media pelajaran dan menerapkan metode belajar yang lebih bervariasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55183

Actions (login required)

View Item View Item