Penggunaan pendekatan open ended (problem terbuka) dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MIA 2 di SMAN 2 Batu / Cici Wahyu Pramugita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pendekatan open ended (problem terbuka) dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MIA 2 di SMAN 2 Batu / Cici Wahyu Pramugita

Pramugita, Cici Wahyu (2016) Penggunaan pendekatan open ended (problem terbuka) dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MIA 2 di SMAN 2 Batu / Cici Wahyu Pramugita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramugita Cici Wahyu. 2015. Penggunaan Pendekatan Open Ended (Problem Terbuka) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 2 di SMA N 2 Batu. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Siti Malikhah Towaf Dra. M.A. Ph.D. Kata kunci pendekatan Open Ended hasil belajar pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMAN 2 Batu Kabupaten Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 tergolong rendah. Hal ini dapat diperoleh dari data nilai Ulangan Harian siswa pada tanggal 11 Maret 2015. Tercatat siswa yang tidak tuntas diantaranya sebanyak 21 siswa nilainya berada dibawah KKM yaitu 8804 67 sedangkan jumlah keseluruhan yaitu 32 siswa. Peneliti juga telah melaksanakan observasi sebelumnya pada tanggal 11 Februari 2015 terdapat siswa yang tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Oleh karena itu perlu adanya upaya perbaikan dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan memperbaiki metode yang menggunakan pendekatan pembelajaran. Hal ini sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pendekatan Open Ended dalam pembelajaran sejarah dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMAN 2 Batu. Pendekatan yang dipakai peneliti yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang diteliti adalah kelas XI MIA 2. Data yang diperoleh selama penelitian adalah mengenai hasil belajar siswa kelas XI MIA 2. Teknis analisis data yang digunakan peneliti merupakan model yang dikemukakan oleh Miles dan Hubermen dengan pengambilan data melalui beberapa tahap diantaranya data reduction data display dan data conclusion drawing/ verification. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara dua siklus tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan open ended dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI MIA 2 dilaksanakan dengan cara diskusi maupun pemberian pertanyaan yang diberikan kepada siswa dengan cara berpikir terbuka selain itu siswa mengalami peningkatan dalam hasil belajar. Hal ini berarti penggunaan pendekatan open ended bisa digunakan dalam pembelajaran sejarah dengan baik. Pengukuran nilai hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan temuan data hasil belajar mulai dari siklus I sampai dengan siklus II. Sebelum diberikan tindakan PTK jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 21 siswa. Pada siklus I dan II mengalami penurunan jumlah siswa yang nilainya di bawah KKM sebanyak 15 7. Guna untuk penelitian selanjutnya disarankan agar dapat memodifikasi pendekatan open ended dengan memadukan pendekatan lainnya agar pembelajaran lebih menyenangkan dan inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55180

Actions (login required)

View Item View Item