Perkembangan lembaga pencetak Pangrehpraja Osvia-Mosvia di Jawa pada tahun 1900-1942 / Maria. M. Hardikdilitawati Lito P. Lamarian - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan lembaga pencetak Pangrehpraja Osvia-Mosvia di Jawa pada tahun 1900-1942 / Maria. M. Hardikdilitawati Lito P. Lamarian

Lamarian, Maria. M. Hardikdilitawati Lito P. (2016) Perkembangan lembaga pencetak Pangrehpraja Osvia-Mosvia di Jawa pada tahun 1900-1942 / Maria. M. Hardikdilitawati Lito P. Lamarian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lamarian Maria M. Hardikdilitawati Lito P. 2015. Perkembangan Lembaga Pencetak Pangrehpraja OSVIA-MOSVIA di Jawa Pada Tahun 1900-1942. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci perkembangan lembaga pangrehpraja OSVIA-MOSVIA jawa Pendidikan pegawai pemerintahan seperti IPDN telah ada sejak masa kolonial Belanda di Hindia Belanda. Pada masa kolonial Belanda lembaga pendidikan seperti IPDN dikenal dengan OSVIA-MOSVIA. Pendidikan ini bertujuan untuk mendidik para calon pegawai pemerintahan yang biasa dikenal dengan pangrehpraja. Adanya beberapa lembaga pendidikan pada masa kolonial termasuk OSVIA-MOSVIA membuat sejumlah orang memiliki keinginan untuk menjadi pegawai pemerintahan. Jawa merupakan pusat pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana latar belakang berdirinya OSVIA-MOSVIA di Jawa (2) bagaimana perkembangan pendidikan di OSVIA-MOSVIA di Jawa pada tahun 1900-1942 (3) bagaimana peran lulusan OSVIA-MOSVIA dalam dinamika politik Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Penelitian sejarah terdiri dari pemilihan topik heuristik atau pengumpulan sumber kritik interpretasi dan historiografi Hasil dari penelitian ini adalah (1) reoganisasi Hoofdenschool menjadi OSVIA-MOSVIA dilatarbelakangi oleh semangat adanya pembaharuan politik yakni politik etis dan kebutuhan akan pegawai pemerintahan (2) pendidikan di OSVIA-MOSVIA bertujuan untuk menciptakan elite birokrasi dengan sistem pendidikan asrama yang disiplin dan matapelajaran untuk pegawai pemerintahan. Para guru di OSVIA-MOSVIA terdiri dari Guru Eropa dan Guru Pribumi. Para murid OSVIA-MOSVIA di Jawa sebagian besar didominasi oleh murid yang berasal dari Jawa kemudian lainnya berasal dari luar Jawa. Fasilitas yang ada di OSVIA-MOSVIA yakni asrama perpustakaan ruang makan ruang bermain dan lain-lain (3) para lulusan OSVIA-MOSVIA memiliki peran dalam bidang birokrasi dan militer dalam dinamika politik Indonesia pada masa Kolonial Belanda Jepang dan Revolusi Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini yakni pendidikan yang ada di OSVIA-MOSVIA bertujuan untuk membentuk pegawai pemerintahan yang mana pendidikan yang ada di OSVIA-MOSVIA hampir sama dengan yang ada di IPDN saat ini meskipun mengalami beberapa perubahan. Saran untuk topik penelitian selanjutnya adalah pendidikan kedinasan membangun karakter dan penelitian tentang mengapa golongan pribumi menengah yang cenderung memiliki keinginan untuk sekolah di OSVIA-MOSVIA dan menjadi seorang birokrat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55179

Actions (login required)

View Item View Item