Ronata, Devi (2016) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis web interaktif pada materi pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI-IIS 4 di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Devi Ronata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ronata Devi. 2015.Pengembangan Media PembelajaranSejarahBerbasis Web InteraktifPadaMateriPendudukanJepang di Indonesia untukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaKelas XI IIS 4 di SMA Negeri 1 Sumberpucung Malang.Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M.Hum. Kata kunci Media pembelajaran web motivasibelajar Perkembanganilmupengetahuandanteknologiberpengaruhterhadapduniapendidikan.Penggunaanteknologidiharapkandapatmenunjang proses pembelajaran. Guru sebagaipengajarharusmemilikikemampuanuntukmemanfaatkanteknologidalampembelajaran. Salah satunyadenganmenggunakan media pembelajaranberbasisweb.Pembelajaranberbasiswebmerupakansalahsatubentukpemanfaatanteknologidaninformasidalamduniapendidikan. Pembelajaranberbasiswebmemberikankemudahanbagisiswauntukmengaksesinformasi.Berdasarkanobservasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sumberpucungsekolahinimemilikisaranadanprasarana yang mendukungterciptanyapembelajaranberbasisweb.Siswajugamemilikiketertarikanyang tinggiterhadapteknologidaninformasi.Olehkarenaitupenelitiinginmengembangkan media pembelajaranSejarahberbasiswebinteraktifuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswa. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1)Bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaranSejarahberbasiswebinteraktifpadamateripendudukanJepang di Indonesia (2)Bagaimanakahpenerapanpengembangan media pembelajaranSejarahberbasiswebinteraktifpada materipendudukanJepang di Indonesia terhadapmotivasibelajar . Penelitianyang dilakukanmenggunakanpendekatanpenelitianpengembangan (Research and Development).Penelitianpengembanganinimenggunakan model dariThiagarajan yang dikenaldengan model 4 D (four D). Adapuntahapanpenelitiantersebutialahpendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) penyebaran (disseminate). Tahapanpenyebaran (disseminate)padapenelitianinitidakdilakukankarenaketerbatasanwaktu. Hasilpenelitian yang telahdilakukanmenunjukkanbahwa media initergolong valid danlayakdigunakandalampembelajaran.Hasildarivalidasiahlimateriyaitu 94 73% Ahli media 80 88% sedangkanpenilaiansiswaterhadap media memperolehskorsebesar 90 76%. Selainitu media inijugadapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayang awalnyasebesar 73 42% menjadi 86 62%. Dengandemikianmotivasisiswamengalamipeningkatansebesar 13 20%. Saranbagipenelitiselanjutnyauntukmengembangkan media inidenganmateri yang lain. Selainitupenelitijugabisamenggunakandomain berbayarsehinggaakseske media initidakseringterganggu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55178 |
Actions (login required)
View Item |