Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis web interaktif pada materi pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI-IIS 4 di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Devi Ronata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis web interaktif pada materi pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI-IIS 4 di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Devi Ronata

Ronata, Devi (2016) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis web interaktif pada materi pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI-IIS 4 di SMA Negeri 1 Sumberpucung / Devi Ronata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ronata Devi. 2015.Pengembangan Media PembelajaranSejarahBerbasis Web InteraktifPadaMateriPendudukanJepang di Indonesia untukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaKelas XI IIS 4 di SMA Negeri 1 Sumberpucung Malang.Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M.Hum. Kata kunci Media pembelajaran web motivasibelajar Perkembanganilmupengetahuandanteknologiberpengaruhterhadapduniapendidikan.Penggunaanteknologidiharapkandapatmenunjang proses pembelajaran. Guru sebagaipengajarharusmemilikikemampuanuntukmemanfaatkanteknologidalampembelajaran. Salah satunyadenganmenggunakan media pembelajaranberbasisweb.Pembelajaranberbasiswebmerupakansalahsatubentukpemanfaatanteknologidaninformasidalamduniapendidikan. Pembelajaranberbasiswebmemberikankemudahanbagisiswauntukmengaksesinformasi.Berdasarkanobservasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sumberpucungsekolahinimemilikisaranadanprasarana yang mendukungterciptanyapembelajaranberbasisweb.Siswajugamemilikiketertarikanyang tinggiterhadapteknologidaninformasi.Olehkarenaitupenelitiinginmengembangkan media pembelajaranSejarahberbasiswebinteraktifuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswa. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1)Bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaranSejarahberbasiswebinteraktifpadamateripendudukanJepang di Indonesia (2)Bagaimanakahpenerapanpengembangan media pembelajaranSejarahberbasiswebinteraktifpada materipendudukanJepang di Indonesia terhadapmotivasibelajar . Penelitianyang dilakukanmenggunakanpendekatanpenelitianpengembangan (Research and Development).Penelitianpengembanganinimenggunakan model dariThiagarajan yang dikenaldengan model 4 D (four D). Adapuntahapanpenelitiantersebutialahpendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) penyebaran (disseminate). Tahapanpenyebaran (disseminate)padapenelitianinitidakdilakukankarenaketerbatasanwaktu. Hasilpenelitian yang telahdilakukanmenunjukkanbahwa media initergolong valid danlayakdigunakandalampembelajaran.Hasildarivalidasiahlimateriyaitu 94 73% Ahli media 80 88% sedangkanpenilaiansiswaterhadap media memperolehskorsebesar 90 76%. Selainitu media inijugadapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayang awalnyasebesar 73 42% menjadi 86 62%. Dengandemikianmotivasisiswamengalamipeningkatansebesar 13 20%. Saranbagipenelitiselanjutnyauntukmengembangkan media inidenganmateri yang lain. Selainitupenelitijugabisamenggunakandomain berbayarsehinggaakseske media initidakseringterganggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55178

Actions (login required)

View Item View Item