Hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun / Nikken Anggit Virgiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun / Nikken Anggit Virgiana

Virgiana, Nikken Anggit (2015) Hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun / Nikken Anggit Virgiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Virgiana Nikken Anggit. 2015. Hubungan Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Talun. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci kemandirian belajar pemanfaatan media pembelajaran hasil belajar. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan belajar yang dinyatakan dalam bentuk skor setelah melakukan proses belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. Faktor kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran merupakan faktor yang berhubungan dengan hasil belajar siswa baik secara internal maupun eksternal. Faktor-faktor tersebut menunjukkan usaha belajar siswa dan pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah memiliki keterkaitan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) bagaimanakah hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun (2) bagaimanakah hubungan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun dan (3) bagaimanakah hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Talun yang berjumlah 380 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling dengan sampel sebanyak 96 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan nilai uji t (parsial) dan nilai uji F (simultan). Untuk keperluan analisis data penulis menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa (1) ada hubungan yang positif dan signifikan dari kemandirian belajar siswa secara parsial dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun dengan nilai 12310 t 12311 _Hitung t_Tabel yaitu 8 087 1 986. Sumbangan hubungan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata sejarah di SMA Negeri 1 Talun sebesar 41 3% (2) ada hubungan yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Talun dengan nilai t_Hitung t_Tabel yaitu 2 148 1 986. Sumbangan hubungan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata sejarah di SMA Negeri 1 Talun sebesar 4 7% (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SMA Negeri 1 Talun dengan nilai F_Hitung F_Tabel yaitu 33 185 3 094. Sumbangan hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran secara simultan dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata sejarah SMA Negeri 1 Talun sebesar 41 6%. Sisanya sebesar 58 4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain selain kedua variabel dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55176

Actions (login required)

View Item View Item