Pengembangan kamus hispictary berbasis adobe flash Cs5 sebagai sumber belajar pada matapelajaran Sejarah Indonesia untuk kelas IX SMA / Anindya Maharani Lakhsmitawuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kamus hispictary berbasis adobe flash Cs5 sebagai sumber belajar pada matapelajaran Sejarah Indonesia untuk kelas IX SMA / Anindya Maharani Lakhsmitawuri

Lakhsmitawuri, Anindya Maharani (2015) Pengembangan kamus hispictary berbasis adobe flash Cs5 sebagai sumber belajar pada matapelajaran Sejarah Indonesia untuk kelas IX SMA / Anindya Maharani Lakhsmitawuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lakhsmitawuri Anindya Maharani. 2015. Pengembangan Kamus Hispictary Berbasis Adobe Flash CS5 sebagai Sumber Belajar pada Matapelajaran Sejarah Indonesia untuk Kelas XI SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kamus Hispictary sumber belajar matapelajaran Sejarah Indonesia Sumber belajar adalah penghubung antara pendidik dan siswa dalam suatu kegiatan pembelajaran yang berperan untuk memberikan kemudahan seseorang untuk proses belajar. Sumber belajar dalam pembelajaran sejarah selama ini masih terpusat pada guru buku paket dan sumber dalam media Powerpoint. Sumber belajar sejarah inovatif dapat dikembangkan dalam bentuk kamus Hispictary (Historical Picture Dictionary) berbasis Adobe Flash CS5. Berkaitan dengan itu diperlukan pembahasan mengenai pengembangan kamus tersebut untuk matapelajaran Sejarah Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa kamus Hispictary dan menguji efektivitas produk kamus Hispictary berbasis Adobe Flash CS5 sebagai sumber belajar untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model prosedural untuk menghasilkan produk kamus Hispictary. Langkah langkah dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi produk 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk dan 10) produksi massal. Berdasarkan model penelitian dan pengembangan tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil validasi yang dinilai oleh ahli materi yaitu 92 5% dan ahli media yaitu 95%. Hasil kedua validasi tersebut menyatakan bahwa produk kamus Hispictary yang dikembangkan sesuai atau valid sebagai sumber belajar siswa. Kedua uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan terhadap siswa SMA kelas XI dilakukan di SMA Widyagama Malang. Uji coba kelompok kecil dilakukan kepada 10 siswa kelas XI MIA secara acak dengan hasil validitas produk yaitu 85 5%. Uji coba lapangan dilakukan kepada 20 siswa kelas XI dengan hasil validitas produk yaitu 86 25%. Ketiga berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan produk dan pengembangan produk lebih lanjut. Kekuatan kamus Hispictary yaitu a) dioperasikan secara offline dengan Adobe Flash Player 17 b) sumber belajar alternatif selain buku paket dan LKS dan c) berisi bagian-bagian spesifik dengan materi dan gambar-gambar yang berurutan sesuai abjad. Kelemahan kamus Hispictary yaitu a) penggunaan kata kata yang hanya menjelaskan materi secara garis besar dan b) gambar masih menyesuaikan pada satu materi yang dijelaskan dalam produk. Pengenalan produk (diseminasi) sebagai sumber belajar alternatif baik bagi siswa maupun guru sejarah secara lebih luas dapat dilakukan melalui sosialisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55171

Actions (login required)

View Item View Item