Febriana, Uma (2015) Penerapan model pembelajaran team game tournament menggunakan permainan teka teki silang (crossword puzzle) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA Panjura Malang / Uma Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Febriana Uma. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Menggunakan Permainan Teka Teki Silang (Crossword Puzzle) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Panjura Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata kunci Team Game Tournament permainan teka teki silang motivasi belajar hasil belajar. Di dalam proses belajar motivasi sangat dibutuhkan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktifitas belajar. Selain itu motivasi diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar. Pada pelaksanaan proses belajar sering ditemukan kondisi siswa yang kurang memiliki motivasi dan berakibat pada kurangnya hasil belajar hal ini banyak disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru ketika menyampaikan materi sehingga mengakibatkan siswa menjadi jenuh dan tidak bersemangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran team game tournament menggunakan permainan teka teki silang untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 Panjura Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dimana pemberi tindakan adalah guru kelas sendiri sedangkan peneliti bertindak sebagai observer serta penyedia kelengkapan pembelajaran yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dikelas XI IPS 2 SMA Panjura Malang dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa dan dilakukan selama dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu format catatan lapangan lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar observasi motivasi siswa (ARCS) soal pre tes dan post tes lembar observasi afektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah yang menerapkan model team game tournament menggunakan permainan teka teki silang dapat meningkatkan motivasi belajar dari segi attention relevance confidence dan satisfaction selain itu juga meningkat hasil belajar dari segi kognitif maupun afektif. Data yang diapat dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan klasikal dari siklus I ke siklus II. Peningkatan motivasi yaitu sebesar 59.5% menjadi 86% sedangkan hasil belajar kognitif menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 33.33% menjadi 81.48% sedangkan hasil belajar afektif nilai klasikalnya sebesar 88.5% meningkat menjadi 96.2%. Peningkatan ini sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh SMA Panjura Malang yaitu SKM sebesar 2.67 dan ketuntasan klasikal sebesar 75%. Dapat disimpulkan bahwa data peningkatan siswa telah melampaui standar ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti merekomendasikan agar model pembelajaran ini dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah agar dapat menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55166 |
Actions (login required)
View Item |