Perkembangan Hisbook (History Book) berbasis android sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA kelas XI program ilmu-ilmu sosial / Desna Putra Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan Hisbook (History Book) berbasis android sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA kelas XI program ilmu-ilmu sosial / Desna Putra Pratama

Pratama, Desna Putra (2015) Perkembangan Hisbook (History Book) berbasis android sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA kelas XI program ilmu-ilmu sosial / Desna Putra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Desna Putra. 2015. Pengembangan Hisbook (History Book) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI Program Ilmu-Ilmu Sosial. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran Hisbook (History Book) berbasis Android mata pelajaran sejarah Mata pelajaran Sejarah sering dipandang sebelah mata dan dianggap remeh oleh peserta didik. Hal semacam itu disebabkan karena berbagai faktor terutama mengenai pelaksanaan pembelajaran Sejarah. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai perkembangan IPTEK dalam pembelajaran Sejarah menjadi salah satu faktornya. Oleh sebab itu diperlukan inovasi pembelajaran dalam pembelajaran Sejarah. Media pembelajaran Hisbook (History Book) diharapkan dapat menjadi media dan sumber belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Hisbook dapat membantu peserta didik mempelajari Sejarah secara lebih efektif serta meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk yang berupa media pembelajaran Hisbook. Media Hisbook ini merupakan media pembelajaran untuk perangkat mobile smartphone berbasis Android. Pemanfaatan media Hisbook dalam pembelajaran yaitu untuk meningkatkan efektivitas dan hasil pembelajaran Sejarah. Media aplikasi Hisbook telah diujicobakan dan dimanfaatkan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian dan pengembangan media Hisbook menggunakan tahapan penelitian Research and Development (R and D) dari Sugiyono. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut diperoleh data-data penelitian dalam pengembangan Hisbook. Data-data dalam penelitian dan pengembangan Hisbook diperoleh melalui data uji validasi materi data uji validasi media dan data uji efektivitas yang berupa hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Sejarah antara sebelum dan sesudah pemanfaatan Hisbook. Berdasarkan hasil uji validasi diketahui validitas materi pada aplikasi Hisbook sebesar 95% sedangkan berdasarkan uji validasi media diketahui bahwa validitas media aplikasi Hisbook sebesar 92 5% sehingga media ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran Sejarah. Berdasarkan hasil uji coba produk untuk kelas XI IIS 4 SMA Laboratorium UM diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa sebelum memanfaatkan aplikasi Hisbook sebesar 51 25% meningkat menjadi 85 53% sesudah memanfaatkan aplikasi Hisbook. Sedangkan hasil uji coba produk untuk kelas XI IIS 3 SMA Laboratorium UM diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa sebelum memanfaatkan aplikasi Hisbook sebesar 53% meningkat menjadi 85 4% sesudah memanfaatkan aplikasi Hisbook. Berdasarkan data hasil uji coba di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Hisbook dinyatakan valid sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55157

Actions (login required)

View Item View Item