Metode pembelajaran sejarah Islam di kelas XII Jurusan MAKBI (Madrasah Aliyah Keagamaan Bertaraf Internasional) MAN 3 Malang / Moh. Thobib - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran sejarah Islam di kelas XII Jurusan MAKBI (Madrasah Aliyah Keagamaan Bertaraf Internasional) MAN 3 Malang / Moh. Thobib

Thobib, Moh. (2015) Metode pembelajaran sejarah Islam di kelas XII Jurusan MAKBI (Madrasah Aliyah Keagamaan Bertaraf Internasional) MAN 3 Malang / Moh. Thobib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Thobib Moh. 2015. Metode Pembelajaran Sejarah Islam Di Kelas XII Jurusan MAKBI (Madrasah Aliyah Keagamaan Bertaraf Internasional) MAN 3 Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata kunci Metode Pembelajaran Sejarah Islam Madrasah Bertaraf Internasional. Pembelajaran sejarah Islam menjadi suatu kebutuhan intelektual yang penting bagi peserta didik di lingkungan madrasah bertaraf internasional. Untuk bisa mencapai hal tersebut hal yang mempengaruhi adalah penggunaan metode pembelajaran yang digunanakan guru. Dalam proses belajar mengajar guru dihadapkan untuk memilih metode-metode. Sebab metode pembelajaran akan menentukan cara terbaik dalam menyampaikan meteri yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Sehingga nantinya akan menentukan stimulus yang sesuai dan harus diberikan kepada peserta didik untuk menghasilkan respon yang baik pula di kelas XII Jurusan MAKBI (Madrasah Aliyah Kegamaan Bertaraf Internasional) MAN 3 Malang. Kajian tentang metode pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran sejarah Islam di kelas XII Jurusan MAKBI MAN 3 Malang. Peneliti akan mengkaji sesuai rumusan masalah sebagai berikut (1) Metode apa yang digunakan saat pemebelajaran sejarah Islam di kelas XII Jurusan MAKBI MAN 3 Malang (2) Bagaimana efektivitas penerapan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru SKI kelas XII Jurusan MAKBI MAN 3 Malang. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif maka peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian tesrebut. Peneliti memperoleh data dengan cara observasi wawancara dokumentasi di kelas XII Jurusan MAKBI MAN 3 Malang. Data yang berhasil didapatkan seperti perangkat pembelajaran berupa silabus rancangan rencana pembelajaran standar kompetensi dan kompetensi dasar pelajaran SKI serta dokumentasi saat kegiatan pembelajaran sejarah Islam kelas XII Jurusan Agama. Hasil penelitian menunjukkan (1) Metode pembelajaran yang digunakan guru SKI saat pembelajaran di kelas XII Jurusan MAKBI MAN 3 Malang adalah metode ceramah merangkum tanya jawab penayangan video sejarah Islam diskusi kelompok dan presentasi. (2) Untuk efektivitas penerapan metode pembelajaran yang diterapakan ditunjukkan dengan respon dari peserta didik berupa (a) mampu menjelaskan hasil pembelajaran sejarah Islam dengan baik (b) berupaya menyelesaikan tugas SKI dengan benar dengan hasil pekerjaan mayoritas mendapatkan nilai predikat A ( 80) baik tugas individu dan kelompok (c) memanfaatkan kesempatan untuk bertanya kepada guru tentang hal yang belum dipahami dalam pembelajaran saat guru menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab (d) peserta didik benar-benar memperhatikan penjelasan guru saat ada hal-hal baru yang belum pernah peserta didik ketahui (e) mampu menyelesaikan masalah dengan baik melalui contoh pengalaman pribadi atau kehidupan disekitarnya setelah melihat tayangan video sejarah Islam seperti kisah Khalifah Umar bin Khattab. Peneliti menyarankan kepada guru dan pihak madarasah. Pentingnya pemilihan dan perlu adanya fariasi metode pembelajaran sejarah untuk menumbuhkan ketertarikan peserta didik dan pembelajaran tidak hanya terfokus pada sejarah Islam. Namun pembelajaran sejarah umum diperlukan untuk wawasan sejarah secara global bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55150

Actions (login required)

View Item View Item