Fenomena nikah dini dan perceraian di Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu / Eka Indrayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Fenomena nikah dini dan perceraian di Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu / Eka Indrayati

Indrayati, Eka (2015) Fenomena nikah dini dan perceraian di Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu / Eka Indrayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrayati Eka. 2015. FenomenaNikahDini Dan Perceraian Di DesaKenangaKecamatanSindangKabupatenIndramayu. Skripsi.JurusanPendidikanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. NurHadi M.Pd M.Si. Kata Kunci NikahDini Perceraian MasyarakatDesaKenanga Pernikahanmerupakanperjanjianperikatanantaraseoranglaki-lakidanseorangwanita.Perjanjiandisinibukansembarangperjanjiantapiperjanjiansuciuntukmembentukkeluargaantaraseoranglaki-lakidanseorangwanita.Sucidisinidilihatdarisegikeagamaannyadarisuatuperkawinan Di DesaKenangaKecamatanSindangKabupatenIndramayuterdapatbanyaknyapernikahan yang terjadi di usiaperempuanmasih di bawahusia 19 tahundanlaki-laki di bawahusia 21 tahun. Perceraianjugaterjadi di DesaKenangaKecamatanSindangKabupatenIndramayu. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1)Bagaimanakahfenomenanikahdinidanperceraian di DesaKenangaKecamatanSindangKabupatenIndramayu (2) Bagaimanakahtanggapanmasyarakatterhadapfenomenanikahdinidanperceraian di DesaKenangaKecamatanSindangKabupatenIndramayu. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodekualitatif yang bersifatpenelitianlapangan.Lokasipenelitianinidilakukan di DesaKenangaKecamatanSindangKabupatenIndramayu.Dalampenelitianini penelitibertindaksebagaiinstrumensekaliguspengumpul data.Sumber data dalampenelitianinidiperolehdengancaraobservasi wawancara yang dilakukanolehpenelitidenganinforman yang berkaitandenganfenomenanikahdinidanperceraian di DesaKenangaKecamatanSindangKabupatenIndramayu. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa (1) fenomenanikahdinidanperceraian yang berkembang di DesaKenangaKecamatanSindangKabupatenIndramayumunculdanberkembangkarenadaribeberapafaktor yang mempengaruhinya. Fenomenanikahdiniterjadikarenafaktorkeluarga faktorekonomi faktorpendidikan faktor agama danfaktorhamilpra-nikahatauhamilsebelummenikah. (2) Tanggapanmasyarakatbaikdaritokoh agama tokohmasyarakat pararemajadanparapelakudinidanperceraianmenyatakanbahwapernikahandinidanperceraianmembuatanak-anak yang menjadikorbanperceraiankedua orang tuanyamenjadihidupmenderitadanbanyakdarianak-anakmereka yang menjadinakaldanberlebihandalambergaulsehinggamenimbulkanadanyahal-hal yang tidakdiinginkandandapatmenimbulkanadanyanikahdini. Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepada (1) Pemerintah melaksanakanpenyuluhan di berbagaiDesa agar paramasyarakattidakterjadifenomenanikahdinidanperceraian (2) Orang tua agar lebihmengontrolkondisiperkembangananak-anak agar terhindardarikenakalanremaja (3) Para penelitilainnya agar dapatmengembangkanpenelitiantentangfenomenanikahdinidanperceraiandenganfokusdanmetode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55148

Actions (login required)

View Item View Item