Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) melalui permainan lingkaran putar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI-MIA 1 SMAN 2 Batu / Nanik Kusumadewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) melalui permainan lingkaran putar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI-MIA 1 SMAN 2 Batu / Nanik Kusumadewi

Kusumadewi, Nanik (2015) Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) melalui permainan lingkaran putar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI-MIA 1 SMAN 2 Batu / Nanik Kusumadewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumadewi Nanik. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Melalui Permainan Lingkaran Putar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI-MIA 1 SMAN 2 Batu. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Permainan Lingkaran Putar Motivasi Belajar Konsep game dipakai untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar karena sesuai dengan pengembangan pada pembelajaran Kurikulum 2013 guru dituntut untuk dapat memilih dan menggunakan strategi pembelajaran sedemikian sehingga tercipta kegiatan belajar yang berpusat pada siswa dan pembelajaran yang aktif serta mengutamakan proses belajar secara berkelompok atau berbasis tim. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran menarik yang bisa membangkitkan motivasi belajar siswa dengan model Teams Games Tournament (TGT) melalui permainan lingkaran putar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Model TGT melalui Permainan Lingkaran Putar dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI-MIA 1 SMAN 2 Batu (2) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-MIA 1 SMAN 2 Batu dalam Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model TGT melalui Permainan Lingkaran Putar Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Cara pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi dokumentasi serta penyebaran angket. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MIA 1 yang terdiri dari 9 siswa dan 23 siswi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Keterlaksanaan pembelajaran Sejarah dengan model pembelajaran TGT melalui permainan lingkaran putar terlaksana dengan baik dan berhasil pembelajaran sejarah dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) melalui permainan lingkaran putar pada siklus I dengan kriteria cukup jelas dan pada siklus II dengan kriteria jelas. Ini menunjukkan adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II dari cukup jelas menjadi jelas (2) Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran TGT melalui permainan lingkaran putar. Siswa lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran sejarah dengan permainan lingkaran putar. Permainan ini dikemas dengan sedemikian rupa agar menarik dan siswa lebih senang mengikuti pelajaran sejarah. Peneliti menyarankan kepada guru supaya menerapkan model pembelajaran TGT melalui permainan lingkaran putar pada pembelajaran lain yang cocok meski berbeda materi maupun mata pelajaran. Selain itu peneliti juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk membuat penelitian dengan model ini berfokus pada hasil belajar siswa karena belum terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55147

Actions (login required)

View Item View Item