Penerapan model pembelajaran inkuiri sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IIS 4 mata pelajaran sejarah SMAN 7 Malang / Adam Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IIS 4 mata pelajaran sejarah SMAN 7 Malang / Adam Fahmi

Fahmi, Adam (2015) Penerapan model pembelajaran inkuiri sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IIS 4 mata pelajaran sejarah SMAN 7 Malang / Adam Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahmi Adam. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IIS 4 Mata Pelajaran Sejarah SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs.Kasimanuddin Ismain. M.Pd. Kata kunci model pembelajaran inkuiri sosial hasil belajar. Rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas XI-IIS 4 SMAN 7 Malang pada mata pelajaran sejarah membuat peneliti ingin meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi siswa di kelas yakni model pembelajaran inkuiri sosial. Hasil belajar yang rendah ini disebabkan karena siswa merasa kesulitan ketika mengerjakan ulangan harian dari guru sejarah. Siswa merasa sulit dalam mengerjakan soal karena sebagian soal isinya ada yang tidak sesuai dengan materi yang diterangkan ketika proses pembelajaran berlangsung. Objek utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar di mata pelajaran sejarah peminatan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri sosial pada siswa kelas XI-IIS 4 SMAN 7 Malang. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua tahap yang terdiri dari siklus 1 dan siklus 2. Peneliti menggunakan dua siklus dalam penelitian ini karena dengan dua siklus data yang yang diperoleh bisa terkumpul dengan optimal dan penerapan model pembelajaran inkuiri sosial bisa terlaksana dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi wawancara dokumentasi serta nilai tes ulangan harian 1 dan 2. Wawancara dilakukan oleh peneliti kepada guru mata pelajaran sejarah dan dua siswa kelas XI-IIS 4 sebelum dilaksanakannya penelitian. Observasi dilaksanakan sebelum dan ketika proses penelitian berlangsung bersamaaan dengan pengambilan dokumentasi. Adapun untuk nilai tes ulangan harian 1 dan 2 diperoleh dari hasil ulangan siswa ketika siklus 1 dan 2 selesai dilaksanakan. Pendekatan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif. Teknik kualitatif dipakai untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan tes ulangan harian 1 dan 2 serta untuk mendeskripsikan jalannya proses penelitian berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatknya nilai ulangan harian siswa sebelum dan sesudah diberi tindakan. Sebelum diberi tindakan dari 27 siswa 15 siswa nilai ulangan hariannya masih dibawah KKM. KKM untuk mata pelajaran sejarah adalah 67. Ketuntasan nilai ulangan harian kelas XI-IIS 4 sbelum diberi tindakan yakni 40% dan 60% nya masih dibawah KKM. Setelah siklus 1 selesai dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar dimana dari 27 siswa 17 siswa memperoleh nilai diatas KKM dan 10 siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Berdasarkan hal ini maka ketuntasan hasil belajar siswa di siklus 1 adalah 65%. Di siklus 2 peningkatan hasil belajar siswa juga ditunjukkan dengan presentase ketuntasan mencapai 82% dimana dari 27 siswa 22 siswa memperoleh nilai di atas KKM dan 5 siswa masih memperoleh nilai di bawah KKM. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembalajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan presentase peningkatan sebesar 15% pada siklus 1 dan 17% pada siklus 2. Peneliti berharap semoga model pembelajaran inkuiri sosial ini bisa diterapkan semakin baik kedepannya oleh para guru sejarah agar kualitas dan tujuanpembelajaran sejarah bisa tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55138

Actions (login required)

View Item View Item