Wahyudi, Hendik (2015) Penerapan model pembelajaran PASA ( Pictures and Student Active) dalam perspektif CTL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kademangan / Hendik Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyudi Hendik. 2015. Penerapan Model Pembelajaran PASA (Pictures And Student Active) dalam perspektif CTL untuk meningkatkan Motivasi Belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 kademangan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Wayan Legawa M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran PASA Motivasi Belajar Pembelajaran Sejarah Dalam kegiatan pembelajaran sejarah terdapat banyak permasalahan pembelajaran yang muncul. Salah satu permasalahan pembelajaran yang sering muncul adalah kurangnya motivasi belajar siswa. Hal itu pula yang nampak pada kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kademangan dimana pada observasi awal yang dilakukan pada tanggal 27 Desember 2014 terlihat siswa dalam hal motivasi belajar terlihat masih sangat rendah. Hal itu terlihat saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa masih banyak yang mengobrol sendiri tidak memperhatikan guru dan tidak aktif bertanya. Berkaitan dengan hal itu maka perlu diterapkan model atau metode pembelajaran yang baru guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 pada matapelajaran sejarah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran PASA. model pembelajaran PASA merupakan model pembelajaran Kontekstual hasil dari inovasi model pembelajaran Picture and Picture serta Example non Example. Esensi model pembelajaran PASA meliputi On board Picture dan Stories Picture. Dapat diaplikasikan sebagai media ajar dan soal sehingga pemanfaatan media tidak hanya terpusat pada guru akan tetapi lebih banyak merangsang kegiatan siswa. model pembelajaran PASA senantiasa dapat membuat siswa berfikir kritis memperoleh pengetahuan berdasarkan pemahaman bukan menghafal dan meningkatkan interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. motivasi belajar siswa menjadi acuan utama dalam Penerapan PASA karena kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model PASA yang senantiasa menuntut keaktifan siswa sangat dimungkinkan untuk dapat meningkatkan motivasi siswa Masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran PASA (Pictures and Student Active) pada mata pelajaran sejarah di Kelas XI IPS 2 SMAN1 Kademangan (2) Bagaimana tingkat motivasi belajar siswa setelah di-terapkan-nya model PASA (Pictures and Student Active) pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kademangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Claasroom action Research) Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana per siklus terdiri dari dua kali Pertemuan. Dalam pelaksanaan Penelitian ini pengumpulan data yang di-gunakan adalah melalui wawancara lembar pengamatan motivasi belajar siswa angket motivasi belajar siswa dan dokumentasi kegiatan pembelajaran Pembelajaran PASA (Pictures and Student Active) mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. hal itu di dasari dari hasil pengamatan siklus 1 yang rata rata per aspek motivasi yang terdiri dari minat perhatian konsentrasi dan ketekunan rata rata memperoleh presentase sebesar 88 75% dan meningkat menjadi 96.25% pada siklus 2 artinya terjadi peningkatan sebesar 8% dari siklus 1 ke siklus 2 dari rata rata peningkatan per aspek siklus 1 ke siklus 2 dapat diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi motivasi di atas yang terdiri dari 27 orang siswa mendapat hasil dengan rata rata sangat baik dan tuntas. Hasil angket yang telah diisi siswa juga memperkuat data yang diperoleh bahwa secara keseluruhan model pembelajaran PASA mampu meningkatkan aktifitas belajar siswa menumbuhkan susasana belajar yang lebih menyenangkan dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Dapat disimpulkan model pembelajaran PASA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kademangan pada matapelajaran sejarah serta menumbuhkan suasana belajar yang baru yang lebih menyenangkan bagi siswa dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa terhadap pelajaran sejarah. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan beberapa saran diantaranya (1) bagi guru guru diharapkan dapat menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran di dalam kelas dan tidak hanya terpaku pada metode ceramah saja (2) bagi siswa XI IPS 2 SMAN 1 Kademangan media gambar pada model PASA dapat digunakan untuk mempermudah pemahaman materi baik ketika pembelajaran di kelas maupun ketika belajar mandiri (3) bagi peneliti yang akan datang dapat dijadikan sebagai acuan untuk melakukan pengembangan dan penyempurnaan terhadap penerapan model PASA di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55127 |
Actions (login required)
View Item |