Prasety, Ella Jayahuda (2015) Perbedaan kebiasaan belajar dan prestasi belajar mata pelajaran sejarah antara siswa kelas X yang tinggal di rumah dan di asrama semester 1 tahun ajaran 2014/2015 di MAN 3 Malang / Ella Jayahuda Prasety. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasety Ella Jayahuda. 2015. Perbedaan Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah antara Siswa Kelas X yang Tinggal di Rumah dan di Asrama Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 di MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Wayan Legawa M.Si. Kata Kunci kebiasan belajar prestasi belajar siswa di rumah siswa di asrama. Lingkungan belajar merupakan salah satu penentu keberhasilan pencapaian belajar siswa. Keberhasilan belajar dapat dilihat melalui kebiasaan belajar antara siswa yang tinggal di rumah dan di asrama jelas terdapat perbedaan. Keberhasilan belajar dapat menentukan kualitas siswa dan kualitas yang dimiliki siswa salah satunya dapat dilihat dari prestasi akademik yang diraihnya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kebiasaan belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X yang tinggal di rumah dan di asrama semester 1 tahun ajaran 2014/2015 di MAN 3 Malang dan (2) perbedaan prestasi belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X yang tinggal di rumah dan di asrama semester 1 tahun ajaran 2014/2015 di MAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah 45 siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang yang tinggal di rumah dan 52 siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang yang tinggal di asrama kelas X semester 1 tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data kebiasaan belajar diambil dengan menggunakan angket kebiasaan belajar dan diolah dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 16 00 for windows sedangkan data prestasi belajar diambil dengan analisis dokumen Madrasah dari nilai raport untuk dicari mean dari masing-masing sampel. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya perbedaan kebiasaan belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X yang tinggal di rumah dan di asrama semester 1 tahun ajaran 2014/2015 di MAN 3 Malang karena nilai sig (0 039) 0 05 (Alpha 5 %) dan mean kebiasaan belajar yang tinggal di rumah 75 5778 sedangkan mean kebiasaan belajar di asrama 85 0962 dan (2) ada perbedaan prestasi belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X yang tinggal di rumah dan di asrama semester 1 tahun ajaran 2014/2015 di MAN 3 Malang karena nilai rata-rata prestasi belajar di rumah 2 8444 sedangkan nilai rata-rata prestasi di asrama 2 9615. Penelitian ini menunjukkan kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa yang tinggal di asrama lebih tinggi daripada siswa yang tinggal di rumah. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diberikan adalah 1) guru mata pelajaran sejarah hendaknya menyajikan pembelajaran yang bermacam macam agar semua siswa mendapatkan prestasi belajar yang maksimal antara siswa yang belajar di rumah dan di asrama 2) orangtua lebih meningkatkan pengawasan proses belajar siswa yang tinggal di rumah 3) kepala ma had memberikansedikit waktu bermain siswa agar siswa tidak merasakan bosan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |