Pengembangan aplikasi android Histo-App sebagai media mobile learning untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Mochammad Iqbal Muhlasin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi android Histo-App sebagai media mobile learning untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Mochammad Iqbal Muhlasin

Muhlasin, Mochammad Iqbal (2015) Pengembangan aplikasi android Histo-App sebagai media mobile learning untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Mochammad Iqbal Muhlasin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhlasin Mochammad Iqbal. 2015. Pengembangan Aplikasi Android Histo-App Sebagai Media Mobile Learning Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya N. Widiadi S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pengembangan Aplikasi Android Pembelajaran Sejarah Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dapat merangsang fikiran perasaan dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. Selain itu dengan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran sejarah. Pelaksanaan pembelajaraan Sejarah di kelas XI IIS 4 SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa media yang digunakan guru dalam pembelajaran sejarah adalah papan tulis sehingga membuat siswa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Maka dibutuhkan pengembangan media yang inovatif untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran sejarah. Berdasarkan analisis kebutuhan yang menunjukkan bahwa 25 siswa dari 30 siswa menggunakan smartphone Android. Potensi lainya adalah siswa dan guru bisa menggunakan aplikasi Android untuk media pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut adalah mengembangkan media pembelajaran aplikasi Android Histo-App dalam smartphone Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk aplikasi Android Histo-App sebagai media mobile learning untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Selain itu untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 6 Malang. Dengan adanya pengembangan produk ini siswa mempunyai alternatif media pembelajaran sehingga meningkatkan minat belajar mereka. Proses yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dari Sugiyono yang terdiri atas (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba pemakaian (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi massal. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner. Produk pengembangan aplikasi Android Histo-App yang dihasilkan antara lain (1) berisikan materi sejarah kebangkitan heroisme dan wawasan kebangsaan yang sesuai dengan KD 3.4 dan 4.4 (2) terdapat foto-foto pada masa pergerakan nasional tokoh-tokoh dan latihan (3) produk dikembangkan dengan situs iBuildApp (4) produk ini dalam bentuk file extensi .apk (5) aplikasi ini bisa langsung di download pada fanspage Histo-App Sejarah Indonesia di Facebook. Berdasarkan tinjauan ahli media diperoleh persentase 95 83% sedangkan ahli materi diperoleh total persentase 93 75%. Dari hasil uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 10 siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Malang diperoleh persentase dengan rata-rata 86 9%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 30 siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 6 Malang diperoleh persentase dengan rata-rata 86 02%. Dari hasil uji minat sebelum menggunakan aplikasi Histo-App dengan jumlah 30 siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 6 Malang diperoleh persentase 49 83%. Dari hasil uji minat sesudah menggunakan aplikasi Histo-App dengan jumlah 30 siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 6 Malang diperoleh persentase 86 83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan aplikasi Android Histo-App ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Media aplikasi Android Histo-App ini juga terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Bertitik tolak dari penelitian ini peneliti mempunyai beberapa saran yang dapat meningkatkan penggunaan serta pengembangan aplikasi Android yang lebih baik yaitu (1) media ini bisa digunakan oleh guru matapelajaran sejarah pada saat pembelajaran di kelas maupun penguatan materi kepada siswa ketika di luar jam mata pelajaran sejarah di dalam kelas (2) sebelum aplikasi Histo-App digunakan lebih luas sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan sasaran yang ingin dituju baik isi maupun kemasan (3) sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini (4) perlu ditambah materi materi lainya agar dapat mencakup semua KD yang harus dikuasai oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55123

Actions (login required)

View Item View Item