Dinamika kurikulum di SMA Darul Ulum 1 unggulan BPPT Desa Rejoso Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang tahun 1994-2014 / Muhammad Affan Al Firdaus

Al Firdaus, Muhammad Affan (2015) Dinamika kurikulum di SMA Darul Ulum 1 unggulan BPPT Desa Rejoso Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang tahun 1994-2014 / Muhammad Affan Al Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Firdaus, M. Affan. ÔÇ£Dinamika Kurikulum Di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Desa Rejoso Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang Tahun 1994-2014ÔÇØ. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Najib Jauhari, S.Pd. M.Hum. Kata Kunci: Dinamika, Kurikulum, SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT. Kehidupan manusia senantiasa mengalami perubahan dan perkembangan yang tidak pernah berhenti. Banyak hal yang menyebabkan mengapa manusia senantiasa berubah dan berkembang, salah satu penyebab terpenting perubahan dan perkembangan manusia adalah dimilikinya akal, sebuah kemampuan yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh mahluk lain. Proses berfikir dan berkembang yang terjadi secara terus-menerus tersebut menghasilkan peradaban yang juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dalam penelitian ini, arti istilah ÔÇ£dinamikaÔÇØ diacukan pada perubahan yang terjadi dalam SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Desa Rejoso Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang tahun 1965-2014. Dalam dunia pendidikan, sarana yang digunakan meningkatkan mutu pendidikan dalam pembelajaran perlu diadakannya kurikulum. Maka dari itu pemerintah terus berupaya melakukan berbagai reformasi dalam bidang pendidikan. Kurikulum merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kurikulum dipahami sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. SMA Darul Ulum I Unggulan BPPT Jombang merupakan lembaga pendidikan yang didirikan pada tahun 1965 di Pondok Pesantren Darul Ulum. Sebelum SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang berdiri pada tahun 1965, SMA ini bernama Mualimin Atas atau Perguruan Mualimin Atas yang setara dengan SMA. Akan tetapi pada tahun 1968 barulah berganti nama menjadi SMA Darul Ulum 1 dan belum ada tambahan nama Unggulan BPPT. SMA Darul Ulum 1 hanya untuk siswa laki-laki dan Madrasah Aliyah untuk siswa perempuan. Tujuan didirikannya Mualimin Atas adalah untuk menghadapi kemajuan zaman dan juga tuntutan dari yayasan dan juga masyarakat Desa Rejoso. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan periode-periode kepemimpinan di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT. (2)Mendeskripsikan dinamika pengembangan Kurikulum di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT tahun 1994-2014. Kajian ini menggunakan metode penelitian historis. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini adalah a) pemilihan topik, b) pengumpulan data (heuristik), c) kritik, d) interpretasi, e) historiografi. Berdasarkan hasil penelitian dari data yang diperoleh terdapat dua kesimpulan yaitu pertama, sistem kepemimpinan kepala sekolah di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT dibagi menjadi beberapa periode dengan kurikulum yang berbeda dan juga setiap kepala sekolah mempunyai peran yang berbeda. Selain itu sistem pembelajaran di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT selalu mengikuti pada kurikulum nasional, akan tetapi juga menggunakan kurikulum pondok pesantren. Kedua, pengembangan kurikulum di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT selain menggunakan kurikulum nasional yang diwajibkan untuk setiap sekolah juga mengembangkan kurikulum pondok pesantren yang diberikan oleh Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum. selain itu pada kurikulum 2013 SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT juga menggunakan 2 kurikulum nasional yaitu kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013. Kurikulum 2006 digunakan untuk siswa kelas XII, sedangkan untuk siswa kelas X dan XI menggunakan kurikulum 2013. Hal ini diterapkan pada SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT agar para siswa dapat melangsungkan pelajaran dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana system pendidikan di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT agar masyarakat mengerti bagaimana pendidikan di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT. Peneliti juga berharap penelitian ini dapat dijadikan rujukan dalam bahan ajar sejarah, khususnya dalam kajian sejarah pendidikan dan sejarah Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55116

Actions (login required)

View Item View Item