Wati, Lutfiana Ambar (2015) Penggunaan media papan buletin dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X3 SMAN Ngoro Jombang tahun ajaran 2014/2015 / Lutfiana Ambar Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wati Lutfiana Ambar. 2015. Penggunaan Media Papan Buletin dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X 3 SMAN Ngoro Jombang. Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya Nugroho Widiadi S.Pd M.Pd. Kata Kunci media papan buletin motivasi belajar pembelajaran sejarah. Motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam setiap pembelajaran termasuk dalam pembelajaran sejarah namun berdasarkan temuan peneliti di lapangan realitas yang terjadi dalam pembelajaran sejarah di kelas X 3 SMAN Ngoro ternyata motivasi siswa rendah dalam pembelajaran sejarah. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi ketika peneliti melakukan eksplorasi awal pada 20 September 2014 peneliti melihat perhatian siswa X 3 rendah. Siswa terlihat melamun duduk diam dan kurang antusias serta kurang ceria dalam pembelajaran sejarah. Ketika matapelajaran sejarah berlangsung terlihat ada siswa mengantuk. Observasi dilakukan kembali pada 27 Sep tember 2014 ketika guru memberikan instruksi untuk berdiskusi namun masih terdapat siswa yang tidak memperhatikan. Siswa kurang berusaha da lam mengerjakan tugas. Bahkan peneliti menemukan siswa mengerjakan tugas lain yang tidak berhubungan dengan matapelajaran seja rah. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya perbaikan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memperbaiki media pembelajaran. Penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X 3 SMAN Ngoro melalui penggunaan media papan buletin dalam pembelajaran sejarah. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sub jek penelitian ini siswa kelas X 3. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data tentang motivasi belajar dan penggunaan media papan buletin dalam pembelajaran sejarah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan angket. Teknik analisis yang dipakai menggunakan model analisis Miles Hubermen dimulai dari reduksi data display data dan conclusion. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan buletin dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X 3 SMAN Ngoro dapat menyampaikan pesan dengan baik dalam pembelajaran sejarah dan mendukung terhadap materi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa minat perhatian konsentrasi dan ketekunan siswa X 3 dari siklus I ke siklus II meningkat. Hal ini didukung oleh hasil angket bahwa rata-rata keseluruhan aspek motivasi belajar dari siklus I sebesar 68 76% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 80 74%. Berdasarkan hasil peneli tian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X 3 dengan menggunakan media papan buletin mengalami peningkatan. Peneliti menyaran kan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan atau memodifikasi media papan buletin menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55107 |
Actions (login required)
View Item |