Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IIS 2 di SMAN 10 Malang tahun 2014/2015 / Irvan Rahmat Anggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IIS 2 di SMAN 10 Malang tahun 2014/2015 / Irvan Rahmat Anggara

Anggara, Irvan Rahmat (2015) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IIS 2 di SMAN 10 Malang tahun 2014/2015 / Irvan Rahmat Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggara Irvan Rahmat. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 2 di SMAN 10 Malang Tahun 2014/2015. Skripsi Prodi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Nur Hadi M.Pd. M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran CIRC Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebanyakan guru mengajar siswa dengan metode yang konvensional contohnya seperti metode ceramah. Metode dan model seperti itulah yang membuat pelajaran sejarah menjadi tidak menarik dan hasil belajar siswa menurun. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran koopratif merupakan strategi pembelajaran yang mendorong siswa aktif menemukan sendiri pengetahuannya melalui ketrampilan bekerja sama. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Model pembelajaran CIRC adalah pembelajaran yang melibatkan siswa secara berkelompok untuk memahami bacaan yang dapat diaplikasikan secara luas. Dalam pelaksanaannya siswa diajak belajar bersama dalam kegiatan membaca dan menulis dengan teman satu kelompok. Siswa diajarkan untuk dapat memahami dan mencari ide pokok bacaan dalam wacana atau artikel. Adapun rumusan masalah penelitian iniyaitu (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 . Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas XI IIS 2 tepatnya di SMAN 10 Malang diperoleh hasil belajar yang meningkat di setiap siklusnya. Setelah melaksanakan pre-test hasil belajar yang didapat yaitu dari total 29 siswa terdapat 19 siswa yang tidak tuntas dan presentase 65 52% dan hanya ada 10 siswa yang tuntas dan presentase belajar hanya 34 48%. Setelah menggunakan model pembelajaran pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) hasil belajar siswa siklus I mengalami peningkatan.Hasil belajar post-test siklus I jumlah siswa yang mengikuti ujian 29 siswa dan yang tuntas berjumlah 21 siswa dengan presentase 72 4% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 8 siswa dengan presentase 27 6%. Hasilpost- test siklus II dari total siswa berjumlah 29 siswa yang tuntas berjumlah 25 siswa dengan presentase 86 2% siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa dengan presentase 13 8%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan perolehan nilai saat pre-test dan post-test baik dalam siklus I atau siklus II yang selalu meningkat. Dapat disimpulkan pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 tepatnya di SMAN 10 Malang dapat meningkat setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Melalui pnelitian ini guru sejarah diharapkan dapat menerapkan model pembelajan ini agar pemahaman materi dan hasil belajar siswa meningkat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55103

Actions (login required)

View Item View Item