Pengembangan media video pembelajaran sejarah tentang islamisasi di nusantara untuk kelas X SMA / Agus Mujib - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran sejarah tentang islamisasi di nusantara untuk kelas X SMA / Agus Mujib

Mujib, Agus (2015) Pengembangan media video pembelajaran sejarah tentang islamisasi di nusantara untuk kelas X SMA / Agus Mujib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mujib Agus. 2014. Pengembangan Media Video Pembelajaran Sejarah tentang Islamisasi di Nusantara untuk Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran video Islamisasi di Nusantara. Kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia menitikberatkan pada tiga aspek yakni aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting untuk mencapai aspek sikap pengetahuan dan keterampilan dengan baik. Dengan memanfaatkan media pembelajaran siswa dapat terbantu dalam proses belajar sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan media video pembelajaran sejarah tentsng Islamisasi di Nusantara untuk SMA kelas X yang layak digunakan untuk pembelajaran sejarah dan (2) menghasilkan media video pembelajaran sejarah Islamisasi di Nusantara untuk SMA kelas X yang menarik untuk pembelajaran sejarah. Kelayakan terdiri dari aspek tinjauan kurikulum dan isi materi. Kemenarikan terdiri dari aspek tampilan media. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang terdiri dari tujuh tahap prosedur penelitian dan pengembangan yakni (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis tujuan (3) pengembangan materi (4) penyusunan petunjuk pemanfaatan (5) produksi (6) validasi (7) revisi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah media video pembelajaran. Sedangkan objek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian uji coba produk dilakukan kepada guru dan siswa. Data yang diperoleh dalam uji coba ini diperoleh dari angket. Data penelitian ini berupa data verbal berupa komentar dan saran perbaikan sedangkan data nonverbal berupa skor penilaian. Data dianalisis dengan (1) mendeskripsikan kelayakan produk media pembelajaran melalui validitas analisis rata-rata. (2) mendeskripsikan kemenarikan produk media pembelajaran melalui validitas analisis rata-rata. Perbaikan media pembelajaran dilakukan berdasarkan saran dan komentar perbaikan dari ahli materi ahli media praktisi dan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran sejarah ini berupa video pembelajaran yang menyajikan materi dengan empat teori masuknya Islam di Nusantara. Empat teori tersebut yaitu (1) teori Gujarat (2) teori Persia (3) teori Arab dan (4) teori Cina. Media pembelajaran ini tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Kelayakan media video pembelajaran sejarah mendapatkan persentase sebesar 87 35% sedangkan kemenarikan media pembelajaran sejarah mendapatkan persentase 89 52%. Walaupun tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan terdapat bagian-bagian yang harus direvisi sesuai saran perbaikan dari ahli praktisi dan siswa. Media video pembelajaran sejarah Islamisasi di Nusantara ini menjadi salah satu alternatif sumber belajar sejarah. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru sejarah disarankan menggunakan media pembelajaran ini dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa disarankan agar memahami dan dapat mempelajari pelajaran sejarah secara optimal dengan dukungan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini dapat dijadikan pertimbangan dan sumber inspirasi dalam mengembangkan media pembelajaran sejarah yang lebih baik lagi. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan melalui jurnal penelitian dan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55100

Actions (login required)

View Item View Item