Perbandingan penggunaan model pembelajaran snowball throwing dengan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Brawijaya Smart School Malang / Nuri Izzatillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penggunaan model pembelajaran snowball throwing dengan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Brawijaya Smart School Malang / Nuri Izzatillah

Izzatillah, Nuri (2015) Perbandingan penggunaan model pembelajaran snowball throwing dengan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Brawijaya Smart School Malang / Nuri Izzatillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Izzatillah Nuri. 2014. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Sejarah SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd. M.Hum Kata Kunci Model Pembelajaran Snowball Throwing Model Pembelajaran Jigsaw Hasil Belajar Sejarah. Pada pembelajaran sejarah sering dijumpai guru yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang berakibat pada hasil belajar sejarah yang sangat rendah. Sementara di sisi lain siswa memandang pelajaran sejarah hanya menghafal dan membosankan. Kebiasaan ini perlu diubah dari pendidikan yang berpusat pada guru ke pendidikan yang berpusat pada siswa. Guru perlu menerapkan pembelajaran kooperatif agar siswa lebih aktif dan mulai mengubah cara pandangnya mengenai pelajaran sejarah menjadi mata pelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Brawijaya Smart School. Sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA4 yang mendapatkan perlakuan Snowball Throwing dan XI MIA2 yang mendapatkan perlakuan Jigsaw. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan desain pre test-post test control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest dan postest. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar berupa pre-test dan post test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran model Snowball Throwing dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Dari hasil analisis data uji-t gainscore diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw memiliki rata-rata sebesar 12 8 sedangkan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing memilki rata-rata sebesar 9 4 dengan taraf signifikansi 0 001 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan metode Snowball Throwing dengan siswa yang menggunakan Jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Jigsaw atau Snowball Throwing sebagai alternatif model pembelajaran dan dapat menunjang kemampuan berpikir siswa agar dalam kegiatan belajar sejarah siswa tidak merasa cepat bosan. Untuk siswa diharapkan agar lebih aktif bertanya agar pembelajaran tidak berpusat pada guru. Bagi sekolah disarankan untuk memfasilitasi terlaksananya model pembelajaran Jigsaw dan Snowball Throwing dengan cara memberikan pelatihan kepada para guru mengenai model pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berbasis PAIKEM. Untuk peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian sejenis disarankan untuk memanajemen waktu dengan baik agar siswa tidak bingung dan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55096

Actions (login required)

View Item View Item