Sugiarti, Nana (2011) Perbedaan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA Taman Madya Malang antara pembelajaran kontekstual melalui peta konsep dan pembelajaran konvensional / Nana Sugiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kontekstual peta konsep hasil belajar. Mata pelajaran sejarah adalah mata pelajaran yang menanamkan pengetahuan dan nilai-nilai mengenai proses perkembangan masyarakat di Indonesia dan dunia pada masa lampau hingga kini. Fakta peristiwa konsep dan generalisasi yang terdapat dalam mata pelajaran sejarah berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan nilai sikap peserta didik agar dapat direfleksikan dalam kehidupan bermasyrakat berbangsa dan bernegara. di SMA Taman Madya pembelajaran sejarah masih dilakukan secara konvensional yaitu ceramah sehingga dalam pembelajaran sejarah prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Penggabungan pembelajaran kontekstual melalui peta konsep akan memudahkan siswa bila konsep-konsep baru dikaitkan pada konsep yang lebih inklusif. Peta konsep juga dapat memberi gambaran visual tentang materi pelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengingatkan dan melihat keterkaitan antar konsep serta menjadikan siswa aktif untuk berfikir dan memecahkan suatu masalah. Untuk meningkatkan hasil belajar serta pemahaman siswa di SMA Taman Madya dilakukan penelitian pembelajaran kontekstual melalui peta konsep. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual melalui teknik peta konsep pada siswa kelas X SMA Taman Madya (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang di ajar menggunakan pendekatan kontekstual melalui pendekatan teknik peta konsep dengan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas X SMA Taman Madya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan pendekatan kontekstual melalui teknik peta konsep pada siswa kelas X SMA Taman Madya (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang di ajar menggunakan pendekatan kontekstual melalui teknik peta konsep dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas X SMA Taman Madya. Di dalam penelitian ini untuk mengatasi permasalahan di atas maka dilakukan penelitian kuantitatif ekperimen semu. Populasinya adalah siswa kelas X SMA Taman Madya Malang. Objek penelitian adalah 48 siswa yaitu kelas XA sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen. Data berupa hasil belajar dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kognitif kelas kontrol 72 75 dan rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 83 17. Hal ini menunjukkan kelas yang diajar dengan pendekatan kontekstual melalui peta konsep lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan metode konvensional. Hasil Uji t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran kontekstual melalui peta konsep dan pembelajaran konvensional yaitu bahwa thitung dan P-Value pada uji t 2 sampel independent ini berturut-turut sebesar 3.840dan 0.000 karena thitung ttabel dan pvalue maka dapat disimpulkan dengan tingkat kepercayaan 95% bahwa prestasi belajar sejarah siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah inspirasi bagi guru dalam desain pembelajaran di kelas dan peneliti lain dapat melakukan penelitian peta konsep yang lebih menarik lagi dengan variasi metode dan media yang berbeda lebih mengembangkan instrument penelitian serta dengan sampel yang lebih luas lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |