Hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri I Lawang / Pishana S. Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri I Lawang / Pishana S. Putri

Putri, Pishana S. (2011) Hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri I Lawang / Pishana S. Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hubungan pemanfaatan perpustakaan prestasi Sekarang siswa cenderung menggunakan internet sebagai acuan belajarnya karena menurut mereka lebih praktis dan instan padahal di perpustakaan lebih banyak menyimpan ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih lengkap. SMAN 1 Lawang mempunyai sarana dan prasarana belajar yang cukup memadai khususnya perpustakaan sebagai sumber belajar siswa. Aktifitas siswa masih sangat kurang dalam memanfaatkan perpustakaan hal ini terlihat dari sedikitnya jumlah siswa yang mengunjungi dan menggunakan koleksi buku di perpustakaan. Selain itu di SMAN 1 Lawang belum pernah diadakan penelitian serupa yang berkaitan dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1). Bagaimana tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMAN 1 Lawang (2). Bagaimana prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Lawang (3). Apakah terdapat hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Lawang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMAN 1 Lawang. (2). Prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Lawang (3). Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Lawang Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan angka mulai dari pengumpulan data penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dari hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN I Lawang. Penentuan sampel dengan menggunakan simpel random sampling product moment karena penelitian ini bersifat hubungan atau asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis data diketahui bahwa (1). Siswa kelas X SMAN I Lawang telah memanfaatkan perpustakaan sekolah dengan baik (2). Prestasi belajar siswa kelas X SMAN I Lawang pada mata pelajaran sejarah termasuk kriteria baik karena hampir semua siswa nilainya berada di atas SKM (75) dan hanya 5 siswa yang mendapat nilai di bawah SKM (75) (3). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMAN I Lawang yang dibuktikan dengan besarnya hitung r lebih besar dari tabel r yaitu 0 489 8805 0 202. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi guru untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran dengan sering mengadakan proses belajar mengajar yang melibatkan perpustakaan sekolah. Serta bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih baik lagi dengan mengembangkan variabel penelitian yang lebih kompleks. sehingga diperoleh jumlah sampel 95 orang siswa kelas X SMAN I Lawang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dimana teknik statistik ini digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Sedangkan yang berkaitan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan teknik korelasi hubungan pemanfaatan perpustakaan prestasi Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai peranan penting dalam mengantarkan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik. Proses pembelajaran di sekolah diselenggarakan dengan lebih banyak mengacu pada bagaimana siswa itu belajar selain apa yang dipelajari siswa. Siswa sekarang dituntut untuk lebih aktif dan mandiri dalam belajar untuk memperoleh hasil yang optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah melalui penyediaan seperangkat sarana dan prasarana yang mampu mendorong peningkatan efektivitas fungsi-fungsi pengelolaannya secara terus-menerus sehingga mampu berkembang secara maksimal. Upaya yang dimaksudkan adalah mengadakan perpustakaan sekolah. Alasan kenapa peneliti memilih penelitian tentang pemanfaaatan perpustakaan karena peneliti melihat pada umumnya sekarang ini banyak siswa yang mengabaikan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55081

Actions (login required)

View Item View Item