Kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1977-1985 (perspektif teori kepemimpinan situasional) / Annas Thohir Syamsudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1977-1985 (perspektif teori kepemimpinan situasional) / Annas Thohir Syamsudin

Syamsudin, Annas Thohir (2010) Kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1977-1985 (perspektif teori kepemimpinan situasional) / Annas Thohir Syamsudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi Pondok Modern Darussalam Gontor. Kyai merupakan elemen yang paling esensial dari suatu pesantren. Keberadaan seorang kyai dalam lingkungan sebuah pesantren adalah laksana jantung dalam kehidupan manusia. Begitu urgen dan esensialnya seorang kyai karena dialah pengelola pengasuh pemimpin dan terkadang juga pemilik tunggal sebuah pesantren. Begitupula dengan kemasyhuran lembaga pendidikan Islam Pondok Modern Darussalam Gontor tidak bisa lepas dari sosok kepemimpinan kyainya. Dalam melangsungkan pendidikan di lembaga pesantren untuk dapat berkembang dan maju maka diperlukan menejemen pesantren yang baik. Dalam hal ini sosok kyai tampil sebagai inti dari menejemen sebuah pesantren tersebut. Seorang kyai juga dituntut memiliki wawasan pengetahuan yang luas sehingga dalam memimpin pesantren pengambilan keputusan yang menyangkut lembaga dapat dilakukan dengan bijaksana. K.H. Imam Zarkasyi adalah sosok pemimpin yang berhasil membawa Pondok Modern Darussalam Gontor berkembang pesat. Terlepas dari hal tersebut K.H. Imam Zarkasyi termasuk tokoh yang juga aktif dalam kegiatan nasional. Rumusan masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah (1) bagaimana latar belakang K.H. Imam Zarkasyi (2) bagaimana kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1977-1985 (3) bagaimana nilai-nilai edukatif yang bisa didapat dari kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji latar belakang K.H. Imam Zarkasyi (2) mengkaji kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1977-1985 (3) menganalisis nilai-nilai edukatif yang bisa didapat dari kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian sejarah yang meliputi lima tahap yaitu (1) pemilihan topik (2) heuristik (3) kritik (4) interpretasi (5) historiografi. Adapun hasil penelitian sebagai berikut (1) K.H. Imam Zarkasyi berasal dari keluarga terhormat yaitu memiliki hubungan darah dengan Kasepuhan Cirebon dan Pondok Tegalsari. Pendidikan yang ditempuh oleh K.H. Imam Zarkasyi adalah pendidikan formal sambil mondok. Beliau aktif dalam berbagai organisasi dan termasuk tokoh yang juga aktif dalam kegiatan nasional serta sosok yang berfikiran luas visioner dan jauh kedepan (2) Karakteristik K.H. Imam Zarkasyi dalam memimpin Pondok Modern Darussalam Gontor yaitu beliau merupakan sosok pemimpin yang selalu berusaha untuk memahami bawahannya dengan memperlakukan mereka secara berbeda-beda. Dalam perspektif teori Kepemimpinan Situasional K.H. Imam Zarkasyi dalam memimpin Pondok Modern Darussalam Gontor telah menerapkan gaya telling selling participating dan delegating (3) Dari pembahasan ini dapat diambil nilai-nilai pendidikan berupa pendidikan akhlak pendidikan keteladanan dan pendidikan politik. Nilai-nilai pendidikan ini dapat digunakan sebagai acuan pada masa sekarang sebagai pedoman untuk bertindak. Bertolak dari penelitian ini beberapa saran yang diajukan adalah (1) peneliti selanjutnya dapat memperdalam kajian tersebut dalam perpektif yang berbeda karena memang kurang tepat jika menganggap gaya kepemimpinan K.H. Imam Zarkasyi hanya berjumlah empat saja sebagai halnya jumlah gaya Kepemimpinan Situasional. Selain itu terdapat dimensi-dimensi spiritual khas pesantren yang tidak dapat di dikaji dengan teori ini. (2) peneliti selanjutnya juga dapat mengkaji tentang peranan K.H. Imam Zarkasyi dalam pemerintahan mengingat keterlibatan beliau dalam beberapa organisasi pemerintahan pada waktu itu (3) bagi pengelola lembaga pendidikan Pondok Modern Darussalam Gontor diharapkan agar selalu bercermin pada cara-cara yang dilakukan oleh K.H. Imam Zarkasyi dalam memimpin Pondok Modern Darussalam Gontor sehingga lembaga ini akan semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55070

Actions (login required)

View Item View Item