Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar semester gasal tahun ajaran 2010/2011 / Emy Khudhaifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar semester gasal tahun ajaran 2010/2011 / Emy Khudhaifah

Khudhaifah, Emy (2010) Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar semester gasal tahun ajaran 2010/2011 / Emy Khudhaifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci motivasi belajar kebiasaan belajar prestasi. Motivasi belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar pada mata pelajaran sejarah berdasarkan observasi awal tergolong rendah sedangkan kebiasaan belajar mereka tergolong kurang baik. Mereka umumnya hanya belajar saat menghadapi ujian dan jarang sekali melakukan studi atau belajar secara rutin. Cukup banyak siswa yang mempunyai kebiasaan belajar kurang baik seperti belajar dengan waktu yang tidak teratur (tidak memiliki jadwal). Prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah siswa masih banyak yang memperoleh nilai di bawah SKM yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskan masalah yaitu (1) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar pada mata pelajaran sejarah (2) apakah terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar pada pelajaran sejarah dan (3) apakah terdapat pengaruh secara simultan antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Blitar pada pelajaran sejarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Biltar yang berjumlah 209 siswa dengan sampel sebesar 70 responden sedangkan teknik analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis dari variabel motivasi belajar dengan uji t yaitu thitung ttabel sebesar 2 245 1 995 dan signifikansi t (sig 0 00 0 05). Secara parsial kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan hasil uji t yaitu thitung ttabel sebesar 2 644 2 007 dan signifikansi t (sig 0 02 0 05). Kemudian diketahui secara simultan bahwa motivasi dan kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dengan uji F yaitu Fhitung Ftabel sebesar 4 45 3 13. Berdasarkan hasil penelitian beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa diajukan. Saran yang diajukan tersebut adalah (1) pihak sekolah hendaknya juga memperhatikan faktor-faktor lain yang sekiranya dapat menunjang prestasi belajar sejarah siswa misalnya memberikan kelengkapan dan kemudahan fasilitas sekolah yang dapat mendukung suasana belajar sejarah sehingga siswa bersemangat dalam belajar. Hal ini bisa berupa pelengkapan buku-buku sejarah yang menunjang pembelajaran serta penambahan media pembelajaran sejarah (2) agar guru hendaknya dapat menentukan langkah yang efektif untuk meningkatkan cara dan mutu pengajarannya dan (3) dalam penelitian ini masih banyak variabel bebas lain yang turut berpengaruh terhadap prestasi siswa yang tidak dikaji misalnya pendidikan guru metode pembelajaran intelegensi siswa perhatian orang tua cara mengajar guru serta sarana dan prasarana. Oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya hendaknya menambah variabel-variabel yang belum dikaji tersebut sehingga dapat menemukan faktor dominan yang mempengaruhi prestasi belajar siswa agar selanjutnya dapat diambil langkah-langkah dalam usaha peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55069

Actions (login required)

View Item View Item