Dinamika fungsi situs Sentana Gedong lintas masa abad XIII-XVI masehi (kontribusi bagi pendidikan multikultural) / Juma'in - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika fungsi situs Sentana Gedong lintas masa abad XIII-XVI masehi (kontribusi bagi pendidikan multikultural) / Juma'in

Juma'in (2010) Dinamika fungsi situs Sentana Gedong lintas masa abad XIII-XVI masehi (kontribusi bagi pendidikan multikultural) / Juma'in. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci dinamika fungsi situs Sentana Gedong. Penelitian ini didasari oleh permasalahan bahwa terdapat beberapa unsur budaya masa Hindu-Budha yang dimanfaatkan kembali pada masa Awal Perkembangan Islam. Sejumlah unsur Hindu-Budha dengan sengaja diambil untuk menjembatani agar kebudayaan Islam sebagai unsur baru dapat diterima di tengah lingkungan masyarakat yang ketika itu mayoritas masih sebagai pemeluk agama Hindu-Budha. Fenomena tersebut dapat dicermati dari beberapa artefak pada situs masa Awal Perkembangan Islam yang berupa makam atau masjid kuna. Situs Sentana Gedong di Kota Kediri merupakan salah satu situs masa Awal Perkembangan Islam yang juga memanfaatkan kembali beberapa unsur Hindu-Budha. Namun sayangnya kajian mengenai situs ini secara meyeluruh dari masa Hindu-Budha serta masa Awal Perkembangan Islam termasuk bagaimana dinamikanya dalam rentang waktu tersebut belum banyak dilakukan. Sehingga penelitian ini mengkaji permasalahan tersebut. Selanjutnya hasil kajian ini diimplementasikan pada pendidikan formal dalam konsep pendidikan multikultural sebagai salah satu solusi dan antisipasi terhadap munculnya gejala disintegrasi bangsa dewasa ini. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini meliputi beberapa hal sebagai berikut. Pertama identifikasi fungsi Situs Sentana Gedong pada abad XIII-XVI M. Kedua rekonstruksi historis Situs Sentana Gedong lintas masa abad XIII-XVI M. Ketiga dinamika fungsi Situs Sentana Gedong lintas masa abad XIII-XVI M. Keempat pemanfaatan hasil kajian mengenai Situs Sentana Gedong untuk kepentingan pembelajaran multikultural. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji dinamika fungsi Situs Sentana Gedong adalah pendekatan kualitatif yang berusaha mengungkapkan permasalahan secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks. Jenis penelitian ini ialah deskriptif-analisis sehingga memerlukan observasi untuk pengumpulan data. Obyek terteliti dalam penelitian ini adalah Situs Sentana Gedong dan tinggalan arkeologis yang terdapat di dalamnya. Metode observasi harus digunakan untuk jenis penelitian diskriptif-analisis. Setelah hasil observasi dideskripsikan dan analisis serta didukung telaah pustaka yang relevan maka rumusan diatas akan dapat terjawab. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama fungsi Situs Sentana Gedong masa Hindu-Budha abad XIII-XV M ialah sebagai candi sedangkan pada masa Awal Perkembangan Islam fungsi situs ini ialah sebagai makam. Kedua keberadaan candi di Situs Sentana Gedong diindikasikan kuat berlatar masa Singhasari yang berkesinambungan sampai masa Majapahit tentang historisitasnya belum dapat dipastikan oleh karena keterbatasan sumber data. Sedangkan historisitas makam Islam kuna di situs ini berada pada masa Kerajaan i Demak lebih tepatnya sepertiga pertama abad XVI M. Ketiga dinamika fungsi Situs Sentana Gedong bersifat kontinu artinya terdapat kesinambungan fungsi yakni sebagai tempat bangunan sakral berupa candi pada masa Hindu-Budha abad XIII-XV M serta sebagai tempat makam pada masa Awal Perkembangan Islam abad XVI M. Keempat bertalian dengan penggunaan materi tentang Situs Sentana Gedong untuk pemebelajaran multikultural khususnya untuk pendidikan formal tingkat SMP dan SMA di daerah Kediri dan sekitar. Implementasinya dapat melalui mata pelajaran sejarah dengan menyisipkannya sebagai Indikator Pembelajaran tambahan pada Kompetensi Dasar (KD) tentang perkembangan masyarakat kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam serta peninggalan-peninggalannya. Saran-saran yang dapat disumbangkan berkaitan dengan tubuh keilmuan dan masalah praksis. Bertalian dengan tubuh keilmuan dapat dilakukan kajian lebih lanjut apabila dikemudian hari diketemukan sumber data baru. Ruang kajian lebih lanjut tersebut terutama berkaitan dengan historisitas candi pada masa Hindu-Budha abad XIII-XV M dan makam pada masa Awal Perkembangan Islam abad XVI M. Adapun kaitannya dengan masalah praksis disarankan agar hasil penelitian tentang dinamika fungsi Situs Sentana Gedong ini dapat disosialisasikan ke publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55068

Actions (login required)

View Item View Item