Persepsi guru ilmu pengetahuan sosial terhadap kegiatan musyawarah guru mata pelajaran dan kemampuan guru mengelola proses belajar-mengajar SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo / Meilia Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru ilmu pengetahuan sosial terhadap kegiatan musyawarah guru mata pelajaran dan kemampuan guru mengelola proses belajar-mengajar SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo / Meilia Ratna Sari

Sari, Meilia Ratna (2010) Persepsi guru ilmu pengetahuan sosial terhadap kegiatan musyawarah guru mata pelajaran dan kemampuan guru mengelola proses belajar-mengajar SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo / Meilia Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi kegiatan MGMP kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar Secara ideal tujuan dibentuknya MGMP adalah guru sebagai anggota MGMP dituntut aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini terkait dengan peningkatan kemampuan guru serta adanya standar kemampuan yang harus dicapai dalam mengajar oleh guru dalam suatu wilayah. Namun pada kenyataannya tidak semua guru aktif mengikuti kegiatan MGMP sehingga ini akan berpengaruh terhadap pemahaman mengenai KTSP yang kemudian akan mempengaruhi kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Idealnya para guru yang aktif dalam MGMP memiliki kemampuan yang terus meningkat sehingga proses belajar mengajar IPS semakin baik. Realitasnya proses belajar mengajar belum banyak berubah. Atas dasar pemikiran tersebut perlu dilakukan penelitian bagiamana persepsi guru IPS terhadap kegiatan MGMP dan kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar di SMP Negeri Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi guru IPS terhadap kegiatan MGMP dan kemampuan guru mengelola proses belajar mengajar SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah para anggota MGMP IPS SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo. Jumlah populasi yang diteliti berjumlah 78 orang. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian ini adalah Aspek-aspek persepsi terhadap kegiatan MGMP IPS SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo terdiri dari komponen kognitif (pengetahuan keyakinan informasi dan pandangan terhadap MGMP IPS) komponen afektif (emosional senang tidak senang positif-negatif terhadap kegiatan MGMP IPS) dan komponen konatif (perilaku dan sikap terhadap kegiatan MGMP IPS). Sebagian besar guru tahu tentang semua kegiatan yang dilakukan oleh MGMP IPS dan mereka mengikuti setiap kegiatan yang diadakan. Anggota MGMP IPS senang dan menilai kegiatan MGMP IPS berpengaruh positif terhadap kemampuan mengelola PBM. Dengan adanya aturan untuk disiplin ternyata tidak membuat para anggota MGMP IPS enggan mengikuti setiap kegiatan yang diadakan. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kegiatan MGMP IPS SMP Negeri se-Kabupaten Ponorogo tergolong tinggi tinggi. Dari hasil analisis regresi diperoleh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55066

Actions (login required)

View Item View Item