Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang / Tatik Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang / Tatik Puji Lestari

Lestari, Tatik Puji (2010) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang / Tatik Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kompetensi Profesional Guru Kinerja Guru Pendidikan merupakan faktor penting dalam proses kemajuan suatu bangsa. Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas sehingga dapat mengembangkan segala potensi yang dimiliki bangsa. Guru sebagai salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran diharapkan memiliki kompetensi profesional dan motivasi kerja yang tinggi sehingga mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang ideal dan mampu menghasilkan manusia yang memiliki SDM berkualitas tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru di SMA Negeri 3 Malang bagaimana kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang dan bagaimana pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang tingkat kompetensi professional dan kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang serta untuk mengetahui pengaruh tingkat kompetensi profesional kerja tehadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang. Adapun metode yang digunakan dalam peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis rancangan penelitian deskriptif korelasional. Responden penelitian ini adalah guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional guru (X) dan kinerja guru (Y). Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket/kuesioner tertutup yang diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan uji F pada taraf signifikan 0 05. Berdasarkan hasil hasil uji linier sederhana dapat diketahui bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang hal ini dapat dilihat dari pengujian F hitung 8 185 F tabel 3 354 dan signifikansi 0 004 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Malang sebesar 80 4%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri 3 Malang. Saran yang dapat diajukan dari hasil penelitian ini adalah (1) guru hendaknya selalu meningkatkan kemampuan kompetensi profesional didalam bekerja (2) pihak sekolah dan lembaga terkait hendaknya lebih selektif dalam mengangkat seorang tenaga pendidik (3) pihak sekolah dan lembaga terkait hendaknya juga selalu meningkatkan kemampuan kompetensi profesional kerja para guru melalui berbagai kegiatan seperti penataran dan seminar ilmiah (4) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti dengan tema yang serupa hendaknya memperluas cakupan responden penelitian dan menambah variabel independen seperti tingkat pendidikan guru dan citra sekolah. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55064

Actions (login required)

View Item View Item