Kajian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek / Andra Damayanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek / Andra Damayanta

Damayanta, Andra (2010) Kajian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek / Andra Damayanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis buku teks KTSP BSNP. Sebagai salah satu sumber belajar yang sering digunakan buku teks pelajaran harus dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran. Begitu juga dengan buku teks pelajaran sejarah dalam hal ini buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X yang paling banyak digunakan oleh guru-guru sejarah di Kabupaten Trenggalek yang tergabung dalam MGMP yang harus dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran sejarah. Tidak semua buku teks pelajaran sejarah bisa menunjang pelaksanaan pembelajaran sejarah yang sesuai dengan tuntutan KTSP dan BSNP. Buku teks pelajaran sejarah yang berkualitas harus memuat bahan pembelajaran yang esensial dalam rangka pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan fakta di lapangan belum semuanya guru-guru mata pelajaran sejarah SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek menggunakan buku teks pelajaran sejarah yang sesuai dengan tuntutan KTSP dan BSNP. Bukan pekerjaan yang mudah untuk menentukan buku teks pelajaran sejarah yang akan dipakai yang sesuai dengan tuntutan KTSP dan BSNP. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesesuaian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X terhadap standar yang telah ditentukan oleh KTSP dan BSNP. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah sejauh mana kesesuaian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X terhadap standar yang telah ditentukan oleh KTSP dan BSNP dengan perincian sebagai berikut (1) Bagaimana kesesuaian buku teks pelajaran Sejarah SMA kelas X dengan Standar Kompetensi KTSP (2) Bagaiamana kesesuaian buku teks pelajaran Sejarah SMA kelas X dengan komponen kelayakan isi yang ditentukan oleh BSNP (3) Bagaimana kesesuaian buku teks pelajaran Sejarah SMA kelas X dengan komponen kebahasaan yang ditentukan oleh BSNP (4) Bagaimana kesesuaian buku teks pelajaran Sejarah dengan komponen penyajian yang ditetapkan oleh BSNP Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis isi. Penentuan buku teks mana yang akan dianalisis ditentukan dengan menyebarkan angket pra penelitian yang ditujukan kepada guru-guru mata pelajaran sejarah SMA kelas X se-Kabupaten Trenggalek yang tergabung dalam MGMP. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai pengamat penuh. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode dokumentasi dilaksanakan dengan membuat pedoman penilaian dan check-list yang dibuat sesuai dengan standar KTSP dan BSNP tahun 2006. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis berupa kedua buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X terbitan Erlangga dan terbitan Bumi Aksara yang dianalisis. Pengolahan datanya menggunakan analisis prosentase dengan menggunakan prosedur statistik sederhana. ii Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kesesuaian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X dari penerbit Erlangga dan Bumi Aksara dengan Standar Kompetensi KTSP sebesar 100% sehingga termasuk dalam kategori baik. (2)Tingkat kesesuaian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X dengan standar penilaian BSNP dari segi komponen materi untuk penerbit Erlangga sebesar 95% termasuk dalam kategori baik sekali sedangkan untuk penerbit Bumi Aksara prosentasenya sebesar 88 33% juga termasuk dalam kategori baik sekali. (3)Tingkat kesesuaian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X dengan standar penilaian BSNP dari segi komponen kebahasaan untuk penerbit Erlangga sebesar 95% termasuk dalam kategori baik sekali sedangkan penerbit Bumi Aksara prosentasenya sebesar 94% juga termasuk dalam kategori baik sekali. (3)Tingkat kesesuaian buku teks pelajaran sejarah SMA kelas X dengan standar penilaian BSNP dari segi komponen penyajian untuk penerbit Erlangga sebesar 88 57% termasuk dalam kategori baik sekali sedangkan penerbit Bumi Aksara prosentasenya sebesar 85% juga termasuk dalam kategori baik sekali. Akan lebih baik jika siswa terlebih guru menggunakan buku teks pelajaran sejarah lebih dari satu penerbit. Variasi penggunaan buku teks pelajaran sejarah tentu akan saling melengkapi satu sama lain namun bila kondisi tidak memungkinkan untuk itu maka disarankan untuk menggunakan buku teks pelajaran sejarah yang telah mencapai nilai persentase lebih unggul berdasarkan temuan hasil penelitian yang telah diperoleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55062

Actions (login required)

View Item View Item