Pengaruh penggunaan LKS terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS terpadu materi prasejarah Indonesia kelas VII SMP Islam Kepanjen Kabupaten Malang semester genap tahun ajaran 2009/2010 / Angga Ardianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan LKS terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS terpadu materi prasejarah Indonesia kelas VII SMP Islam Kepanjen Kabupaten Malang semester genap tahun ajaran 2009/2010 / Angga Ardianto

Ardianto, Angga (2010) Pengaruh penggunaan LKS terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS terpadu materi prasejarah Indonesia kelas VII SMP Islam Kepanjen Kabupaten Malang semester genap tahun ajaran 2009/2010 / Angga Ardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci LKS Prestasi belajar SMP Islam Kepanjen. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan LKS hampir merata di semua SMP untuk semua mata pelajaran. Sementara di pihak lain laporan mengenai keberhasilan penggunaan LKS pada mata pelajaran sejarah belum banyak dijumpai. Atas dasar kenyataan tadi akhirnya diadakan penelitian ini dengan judul Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Materi Prasejarah Indonesia Kelas VII SMP Islam Kepanjen Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMP Islam Kepanjen. Berdasarkan rumusan masalah yang ada yaitu Adakah pengaruh penggunaan LKS terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS terpadu materi Prasejarah Indonesia kelas VII SMP Islam Kepanjen Kabupaten Malang semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan LKS terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS terpadu di sekolah tersebut. Penelitian inipun tergolong kedalam jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan hal tersebut di atas maka metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Pada penelitian ini ada dua kelompok sampel yaitu kelompok yang diajar menggunakan LKS (Kelas eksperimen) dan kelompok yang diajar tidak menggunakan LKS (Kelas kontrol). Kedua kelompok ini diambil secara acak berkelompok dari siswa kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2009-2010 yang berjumlah 183 siswa yang tersebar dalam enam kelas yaitu VII.A VII.B VII.C VII.D VII.E VII.F. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Cluster random sampling. Adapun untuk menentukan kelas sampel ialah dengan cara menyiapkan lembaran kertas kecil yang masing-masing diberi tulisan VII.A VII.B VII.C VII.D VII.E VII.F terus dimasukkan ke dalam kotak selanjutnya diambil secara acak. Hal tersebut dimungkinkan untuk dilakukan karena kemampuan awal siswa dianggap sama dengan data Danem SD yang dijadikan sebagai data kemampuan awal siswa. Ternyata yang terambil adalah VII B sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol dengan masingmasing siswa berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa didapatkan dengan cara memberikan tes pada sampel setelah melewati masa perlakuan yang berbeda. Instrumen prestasi belajar memuat 30 buah butir soal yang meliputi ranah kognitif yaitu ingatan pemahaman aplikasi dan analisis. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan teknik statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKS berpengaruh terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMP Islam Kepanjen. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan LKS lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar ii tanpa menggunakan LKS. Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa pihak yang perlu disarankan dengan adanya hasil dari penelitian ini. Saran tersebut dapat diklasifikasikan menjadi saran teoritis yaitu untuk SMP Negeri/Swasta atau sederajat sebagai sumbangan pemikiran untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pembelajaran sejarah di masingmasing sekolah. Dan juga penelitian ini disarankan untuk dilakukan karena hasilnya akan bermanfaat secara praktis bagi pihak-pihak diantarannya adalah kepada para penulis dan penerbit LKS hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam mengembangkan LKS agar lebih maju Kepada para pengajar bidang studi IPS terpadu (guru sejarah) khususnya di SMP Islam Kepanjen dengan diketahuinya hasil penelitian ini bahwa penggunaan LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mempelajari konsep prasejarah maka penggunaan LKS dalam proses belajar-mengajar dianjurkan untuk dipakai sebagai salah satu alternatif dalam media pembelajaran di sekolah maupun tugas mandiri di rumah dan Kepada para peneliti yang tertarik dengan pengembangan LKS sekiranya perlu diteliti lagi variable-variabel lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar-mengajar menggunakan LKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55060

Actions (login required)

View Item View Item