Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis macromedia flash 8.0 pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 10 Malang / Dwi Karuniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis macromedia flash 8.0 pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 10 Malang / Dwi Karuniawan

Karuniawan, Dwi (2010) Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis macromedia flash 8.0 pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 10 Malang / Dwi Karuniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga pokok bahasan pendudukan militer Jepang di Indonesia hasil belajar. Pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM) terdapat tiga komponen utama yang terlibat di dalamnya. Ketiga komponen tersebut yaitu guru siswa dan isi (materi pembelajaran). Agar proses KBM berjalan dengan baik dan lancar ketiga komponen tersebut haruslah saling melengkapi. Guru sebisa mungkin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar siswa tertarik dan termotivasi mengikuti KBM. Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan tersebut guru dapat menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran. Sehingga diharapkan dengan mengemas isi (materi pembelajaran) dengan multimedia siswa lebih tertarik dan termotivasi mengikuti KBM. Di SMA Negeri 10 Malang pembelajaran sejarah dengan pokok bahasan pendudukan militer Jepang di Indonesia masih belum menyentuh pengembangan media pembelajaran yang berbasis multimedia. Hal tersebut nampak pada saat proses KBM yang berlangsung di sana yang masih menggunakan metode ceramah dan diskusi sedangkan media pembelajaran yang digunakan hanya berkisar pada buku paket peta dan papan tulis saja. Oleh karena itulah dilakukan sebuah penelitian pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian pengembangan ini yaitu (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis Macromedia Flash 8.0 pada pokok bahasan pendudukan militer Jepang di Indonesia di kelas XI Program IPS SMA Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2009/ 2010 (2) Bagaimana penerapan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis Macromedia Flash 8.0 pada pokok bahasan pendudukan militer Jepang di Indonesia di kelas XI Program IPS SMA Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2009/ 2010 dan (3) Bagaimana hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis Macromedia Flash 8.0 pokok bahasan pendudukan militer Jepang di Indonesia di kelas XI Program IPS SMA Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2009/ 2010 . Dari rumusan masalah di atas nampak bahwa media yang dikembangkan adalah permainan ular tangga yang pengembangannya menggunakan program Macromedia Flash 8.0. Ular tangga dipilih karena permainan ini telah dikenal luas oleh siswa selain ini permainan ular tangga juga merupakan salah satu bentuk permainan yang kreatif dan menarik serta siswa akan dituntut untuk berkompetisi dalam memainkannya. Media pembelajaran ini memiliki dua komponen utama

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55059

Actions (login required)

View Item View Item