Pengaruh program sertifikasi guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri se-Kabupaten Blitar / Dewi Susanti Purba - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh program sertifikasi guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri se-Kabupaten Blitar / Dewi Susanti Purba

Purba, Dewi Susanti (2010) Pengaruh program sertifikasi guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri se-Kabupaten Blitar / Dewi Susanti Purba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Program Sertifikasi Guru Kinerja Guru Sejarah Mutu pendidikan di Indonesia masih rendah dan tertinggal dari Malaysia maupun Brunei Darussalam. Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia adalah mutu guru. Salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru melalui program sertifikasi guru. Pemberian sertifikat guru ini bertujuan agar guru dapat meningkatkan kinerjanya dan dampak yang diharapkan dari meningkatnya kinerja guru ini adalah tercapainya peningkatan mutu hasil pendidikan dan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Kinerja guru secara konseptual adalah gambaran hasil kerja seorang guru dalam mengelola dan melaksanakan tanggungjawab profesional yang dimiliki. Ada pendapat yang berkembang bahwa sesungguhnya sertifikasi adalah alat untuk meningkatkan kesejahteraan guru saja. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa peningkatan kinerja guru yang sudah lolos sertifikasi masih belum memuaskan. Motivasi kerja yang tinggi justru ditunjukkan oleh guru-guru yang belum mengikuti sertifikasi dengan harapan segera dapat disertifikasi. Berkaitan dengan adanya berita yang berkembang di masyarakat peneliti ingin membuktikan apakah benar program sertifikasi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kinerja guru sejarah di SMA Negeri se-kabupaten Blitar. (2) Bagaimana pengaruh program sertifikasi guru terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri se-kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini untuk (1) Menjelaskan kinerja guru Sejarah SMA Negeri se-Kabupaten Blitar. (2) Menjelaskan pengaruh program sertifikasi terhadap kinerja guru Sejarah SMA Negeri se-Kabupaten Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sejarah SMA Negeri se-kabupaten Blitar baik yang telah sertifikasi maupun guru yang belum menempuh sertifikasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanation research) dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan uji-t. Program sertifikasi sebagai variabel bebas dan kinerja guru sejarah sebagai variabel terikat. Kinerja guru terdiri dari sub variabel kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada responden yaitu siswa teman sejawat guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru sejarah di SMA Negeri se-kabupaten Blitar baik guru yang telah sertifikasi maupun guru yang belum sertifikasi memiliki kinerja yang baik. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui ii bahwa program sertifikasi guru berpengaruh terhadap kinerja guru sejarah SMA Negeri se-kabupaten Blitar Berdasarkan hasil penelitian ini guru yang telah sertifikasi sebaiknya tetap meningkatkan kinerjanya agar guru selalu kreatif dan inovati sehingga guru akan tampil sebagai guru yang benar-benar berkompeten di bidangnya. Sedangkan untuk guru yang belum menempuh sertifikasi sebaiknya harus juga selalu terpacu untuk meningkatkan kinerjanya misalnya dengan membekali diri dengan berbagai program pendidikan agar mereka dapat segera disertifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55056

Actions (login required)

View Item View Item