Perbandingan kualitas pembelajaran (Input, Proses dan output) pada mata pelajaran IPS antara kelas RSBI dengan kelas SSN di SMP Negeri 4 Kepanjen tahun ajaran 2009/2010 / Rida Nupitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan kualitas pembelajaran (Input, Proses dan output) pada mata pelajaran IPS antara kelas RSBI dengan kelas SSN di SMP Negeri 4 Kepanjen tahun ajaran 2009/2010 / Rida Nupitasari

Nupitasari, Rida (2010) Perbandingan kualitas pembelajaran (Input, Proses dan output) pada mata pelajaran IPS antara kelas RSBI dengan kelas SSN di SMP Negeri 4 Kepanjen tahun ajaran 2009/2010 / Rida Nupitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Input Proses Pembelajaran Output RSBI SSN (Reguler) Rintisan Sekolah Berbasis Internasional bercirikan proses pembelajarannya dilakukan dengan penggunaan bahasa bilingual yaitu perpaduan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Internasional (bahasa Inggris). Namun Pelaksanaan RSBI masih diterapkan pada mata pelajaran yang berbau Sains seperti IPA dan Matematika. Sedangkan untuk mata pelajaran IPS di kelas RSBI maupun di kelas SSN tetap menggunakan proses pembelajaran sesuai dengan Sekolah Standart Nasional (SSN). Dari hal tersebut muncul pertanyaan adakah perbedaan antara kelas RSBI dengan kelas SSN dalam mata pelajaran IPS Bagaimanakah perbedaan kualitas pembelajaran kelas RSBI dengan kelas SSN . Untuk itu maka dilakukan perbandingan kualitas pembelajaran (input proses dan output) antara kelas RSBI dan kelas SSN pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kualitas pembelajaran (input proses output) pada mata pelajaran IPS di kelas VII SSN SMP Negeri 4 Kepanjen pada tahun ajaran 2009/2010 (2) Bagaimana kualitas pembelajaran (input proses output) pada mata pelajaran IPS di kelas VII RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen pada tahun ajaran 2009/2010 (3) Bagaimana perbandingan kualitas pembelajaran (input proses output) pada mata pelajaran IPS di kelas VII SSN dengan kelas VII RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen pada tahun ajaran 2009/2010 Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran (input proses output) pada mata pelajaran IPS di kelas VII SSN SMP Negeri 4 Kepanjen pada tahun ajaran 2009/2010 (2) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran (input proses output) pada mata pelajaran IPS di kelas VII RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen pada tahun ajaran 2009/2010 (3) Menganalisis perbandingan kualitas pembelajaran (input proses output) pada mata pelajaran IPS di kelas VII SSN dengan kelas VII RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen pada tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kepanjen pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) observasi langsung (2) wawancara mendalam (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan proses penerimaan siswa baru yang menggunakan seleksi masuk berupa tes tertulis dan lisan yang tidak dijumpai pada kelas Reguler. Dalam proses pembelajaran perbedaan terdapat pada penggunaan bahasa Inggris pada kegiatan pendahuluan dan penutup saat proses pembelajaran. Kemampuan IPS input peserta didik kelas Reguler lebih baik daripada kelas RSBI. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata Nem IPS kedua kelas yaitu sebesar 8 5927 dan 8 5427. Sedangkan output yang didapatkan menunjukkan bahwa kemampuan IPS kelas Reguler lebih baik daripada kelas RSBI. Hal ini i ditunjukkan melalui nilai rata-rata kelas Reguler sebesar 8 3694 dan nilai rata-rata kelas RSBI sebesar 8 1896. Berdasarkan hasil uji-t diketahui nilai signifikansi t-test (0.037) taraf signifikansi 0.05 dan thitung kelas SSN (Reguler) dengan kelas RSBI(2.360) ttabel (1.982). Hal ini berarti H0 yang menyatakan Tidak ada perbedaan kualitas pembelajaran (input proses output) antara kelas SSN (Reguler) dengan kelas RSBI ditolak dan Ha yang menyatakan Terdapat perbedaan kualitas pembelajaran (input proses output) antara kelas SSN (Reguler) dengan kelas RSBI diterima. Artinya terdapat perbedaan kualitas pembelajaran antara kelas Reguler dengan kelas RSBI.Pada tabel Group Statistics terlihat rata-rata (mean) untuk kelas Reguler adalah 8.3694 dan untuk kelas RSBI adalah 8.1896. Artinya bahwa rata-rata nilai output kelas Reguler lebih tinggi daripada rata-rata nilai output kelas RSBI. Dengan demikian perlakuan yang ada pada kelas RSBI tidak berpengaruh pada output yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulan yang didapat adalah kualitas Pembelajaran (input proses output) pada mata pelajaran IPS di kelas VII SSN serta kelas RSBI di SMP Negeri 4 Kepanjen pada tahun ajaran 2009/2010 samasama memiliki kualitas yang baik karena proses pembelajaran telah memenuhi Standart Nasional Pendidikan dan pelaksanaannya telah mengacu pada RPP serta semua nilai siswa barukelas RSBI pada Nem IPS dan Nilai Semeseter Genap berada di atas nilai Ketuntasan Minimum 7 5 sehingga memiliki ketuntasan lulusan 100%. Saran yang diajukan sebagai berikut (1) Bagi SMP Negeri 4 Kepanjen diharapkan lebih memperhatikan proses penerimaan siswa baru RSBI untuk memperoleh input yang berkualitas sebab kualitas input berpengaruh besar pada kualitas output (2) Keseimbangan pengetahuan siswa antara pengetahuan alam pengetahuan sosial dan teknologi sangat diperlukan. Untuk itu diharapkan mata pelajaran IPS juga mendapatkan perhatian yang sama dengan pelajaran lainnya (3) Untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih dapat menjelaskan perbedaan kualitas pembelajaran kelas RSBI dengan Reguler yang belum dapat dibahas lebih lanjut. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55054

Actions (login required)

View Item View Item