Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Malang kelas XI IPS semester genap tahun ajaran 2009-2010 / Riris Ristyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Malang kelas XI IPS semester genap tahun ajaran 2009-2010 / Riris Ristyowati

Ristyowati, Riris (2010) Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Malang kelas XI IPS semester genap tahun ajaran 2009-2010 / Riris Ristyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kecerdasan Interpersonal prestasi belajar siswa Kecerdasan interpersonal dapat diaplikasikan dalam pembelajaran sejarah karena unsur-unsur yang terdapat dalam kecerdasan interpersonal seperti kesadaran diri pemahaman situasi sosial dan etika sosial ketrampilan pemecahan masalah sikap empati dan sikap proposional dapat mengarahkan siswa berfikir kritis. Di SMA Negeri 9 Malang kecerdasan interpersonal belum dimaksimalkan terlihat bahwa pada waktu observasi awal kesadaran akan pentingnya sejarah kurang misalnya dalam upacara bendera masih banyak siswa yang datang terlambat dan bergurau dengan teman sebelahnya. Dalam segi akademik khususnya di kelas XI IPS sewaktu diadakannya pre-tes hasilnya belum maksimal dan juga pada saat diskusi kurang hidup hanya siswa-siswa tertentu saja yang mengusai kelas. Dari latar belakang dan masalah di atas dapat dirumuskan masalah yaitu (1) bagaimana kecerdasan interpersonal siswa di SMA Negeri 9 Malang Kelas XI semester genap tahun ajaran 2009-2010 dan (2) bagaimana pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Malang Kelas XI semester genap tahun ajaran 2009-2010. Dan tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan kecerdasan interpersonal siswa di SMA Negeri 9 Malang Kelas XI IPS semester genap tahun ajaran 2009- 2010 dan (2) untuk menganalisis pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Malang Kelas XI IPS semester genap tahun ajaran 2009-2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Malang Kelas XI IPS semester genap tahun ajaran 2009-2010 yang berjumlah 153 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 77 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian ini adalah (1) Kesadaran diri termasuk dalam katagori sedang. (2) Pemahaman situasi sosial dan etika social termasuk dalam katagori tinggi. (3) Pemecahan masalah yaitu termasuk dalam katagori tinggi. (4) Empati yaitu termasuk dalam katagori tinggi. (5) Prososial yaitu termasuk dalam katagori tinggi. (6) Prestasi belajar yaitu termasuk dalam katagori tinggi. (7) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan F hitung Ftabel yaitu 575.615 3 968 dan besarnya probabilitas (Sig.) 0 000 0 05. Berdasarkan kesimpulan maka saran yang dapat diberikan adalah hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 9 Malang Kelas XI tahun ajaran 2009-2010 sebaiknya dapat dijadikan dorongan bagi siswa untuk dapat ii mengembangkan kecerdasan interpersonal. Selain itu bagi pihak sekolah sebaiknya membantu siswanya untuk mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dengan cara mengoptimalkan proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55053

Actions (login required)

View Item View Item