Upaya pengelolaan kelas yang efektif oleh guru praktikan bidang studi sejarah: studi kasus di SMP Negeri 4 Kepanjen / Raberty Hary Jatmikaningsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya pengelolaan kelas yang efektif oleh guru praktikan bidang studi sejarah: studi kasus di SMP Negeri 4 Kepanjen / Raberty Hary Jatmikaningsari

Jatmikaningsari, Raberty Hary (2010) Upaya pengelolaan kelas yang efektif oleh guru praktikan bidang studi sejarah: studi kasus di SMP Negeri 4 Kepanjen / Raberty Hary Jatmikaningsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jatmikaningsari Raberty Hary.2010. Upaya Pengelolaan Kelas yang Efektif Oleh Guru Praktikan Bidang Studi Sejarah Studi Kasus di SMP Negeri 4 Kepanjen. Skripsi Jurusan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Siti Malikhah Towaf M. A. Kata kunci pengelolaan kelas guru praktikan bidang studi Sejarah Guru merupakan salah satu faktor kunci dalam keberhasilan proses pendidikan sehingga kualitas guru menjadi perhatian masyarakat. Sekolah menuntut universitas untuk dapat mempersiapkan calon guru yang siap bekerja secara produktif dalam dinamika sekolah yang unik. Masalah pokok yang dihadapi guru baik pemula maupun berpengalaman adalah kemampuan dalam mengelola kelas yang efektif. Pengelolaan kelas yang efektif adalah syarat bagi pengajaran yang efektif. Fungsi mengelola kelas sangat mendasar karena kegiatan guru dalam mengelola kelas meliputi kegiatan mengelola tingkah laku siswa menciptakan sosio emosional dalam mengelola proses kelompok. Keberhasilan guru dalam menciptakan situasi belajar yang optimal menandakan proses belajar mengajar berlangsung secara efektif. Pentingnya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru praktikan dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif guna mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini berangkat dari pertanyaan bagaimana upaya guru praktikan untuk melaksanakan pengelolaan kelas yang efektif. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan empat fokus penelitian yaitu (1) upaya guru dalam pengelolaan kelas yang efektif (2) pendekatan pengelolaan kelas (3) efektifitas pengelolaan kelas (4) faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui upaya pengelolaan kelas yang dilakukan guru praktikan bidang studi Sejarah dalam mengelola kelas yang efektif (2) mengetahui penerapan berbagai macam pendekatan pengelolaan kelas yang digunakan guru praktikan bidang studi Sejarah (3) mengetahui efektifitas pengelolaan kelas yang dilakukan guru praktikan bidang studi Sejarah (4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi guru praktikan bidang studi Sejarah dalam mengelola kelas. Untuk menjawab permasalahan yang ada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) teknik observasi (2) teknik wawancara (3) teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan ditafsirkan dan dianalisis guna menyusun dan mengabstraksi temuan lapangan. Keabsahan data diuji dengan (1) ketekunan pengamatan (2) teknik triangulasi yaitu dengan memanfaatkan pengamat lainnya untuk keperluan pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya pengelolaan kelas yang efektif meliputi perencanaan pengelolaan kelas dengan jalan memerinci kondisi kelas yang ada serta merencanakan pengelolaan kelas yang dituangkan dalam RPP dalam pelaksanaannya pengelolaan kelas dilakukan dengan menata lingkungan fisik kelas serta menciptakan hubungan yang baik dan terbuka antara siswa dengan guru tindak lanjut pengelolaan kelas dilakukan dengan cara evaluasi oleh guru pamong teman sejawat dan siswa upaya-upaya pengelolaan kelas yang bersifat preventif (pencegahan) dilakukan dengan melakukan interaksi edukatif dan kuratif (penanggulangan) dilakukan dengan mengidentifikasi masalah yang terjadi dan bersama-sama mencari solusi (2) guru praktikan menggunakan ketiga pendekatan pengelolaan kelas meliputi pendekatan pengubahan tingkah laku pendekatan penciptaan iklim sosio emosional pendekatan proses kelompok (3) Efektifitas pengelolaan kelas dilakukan dengan cara menciptakan dan memelihara kondisi kelas pembelajaran yang efektif serta mengembangkan komunikasi yang efektif sehingga terjadi interaksi positif (4) faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kelas berasal dari faktor manusia dan non manusia. Faktor manusia berasal dari input siswa dan guru sedangkan non manusia berasal dari fasilitas IT yang dimililki sekolah. Dalam pelaksanaanya guru praktikan terkadangn juga mengalami kendala yaitu adanya siswa yang belum siap menerima pelajaran. Fasilitas IT juga kurang bisa dimanfaatkan dengan maksimal dan waktu pelajaran berkurang karena libur. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru praktikan sudah melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik sesuai dengan prosedur pengelolaan kelas Dikdasmen . Dari kesimpulan tersebut peneliti menyarankan (1) Kepala sekolah terus memberikan motivasi untuk mengembangkan upaya guru praktikan dalam pengelolaan kelas yang efektif (2) Guru pamong meningkatkan bimbingan kepada guru praktikan sehingga terjadi hubungan timbal balik diantara keduanya (3) Guru praktikan menambah kreatifitas dan model-model pengelolaan kelas yang efektif (4) Jurusan Sejarah meperkaya kajian-kajian tentang pengelolaan kelas (5) Dalam penelitian lebih lanjut peneliti lain dapat mengembangkan lebih dalam mengenai pengaruh pengelolaan pengajaran dalam pengelolaan kelas yang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55051

Actions (login required)

View Item View Item