Pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri I Batu / Anong Setyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri I Batu / Anong Setyono

Setyono, Anong (2010) Pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri I Batu / Anong Setyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyono Anong. 2010. Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri I Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Joko Sayono M.Pd M.Hum Kata Kunci Fasilitas Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Prestasi belajar siswasiswi di SMA Negeri I Batu terutama kelas XI bisa dikatakan bagus hal ini bisa dilihat dari nilai ratarata raport yang diperoleh pada semester sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Batu karena peneliti ingin mengetahui seberapa berperannya fasilitas belajar yang dimiliki SMA Negeri I Batu dengan kriteria cukup lengkap mampu memotivasi siswanya untuk memanfaatkan dalam proses belajar sehingga prestasi belajarnya menjadi baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Batu (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Batu (3) Apakah ada pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Batu Penelitian ini menggunakan metode korelasional yang dimaksudkan adalah mendeskripsikan kondisi fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa serta prestasi belajar siswa. Sedangkan korelasional dimaksudkan untuk mengungkap hubungan korelatif antar variabel pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah (XI) dan motivasi belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Sedangkan analisis statistik inferensial yaitu regresi linier berganda atau ubahan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN I Batu sebanyak 281 siswa dengan sampel 57 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional random sampling. Hasil penelitian Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar disekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batu probabilitas (Sig.) 0 001 0 05. dan thitung (3 492) ttabel (54 894 0 05) (2 005) . Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batu probabilitas (Sig.) 0 000 0 05. dan thitung (3 804) ttabel (54 894 0 05) (2 005) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batu probabilitas (Sig.) 0 000 0 05. dan Fhitung (32 042) Ftabel (2 894 54 894 0 05) (3 168) Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Tingkat fasilitas belajar di sekolah siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Batu termasuk kategori baik/tinggi. (2)Tingkat motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batu termasuk kategori baik/tinggi. (3)Tingkat prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Batu termasuk kategori baik. (4)Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar disekolah terhadap prestasi belajar siswa ii kelas XI di SMA Negeri 1 Batu. (5)Ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batu. (6)Ada pengaruh signifikan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batu. Dari hasil penelitian yang telah disimpulkan diajukan beberapa saran antara lain (1)Kepada pihak sekolah agar selalu memperbaiki serta meningkatkan fasilitas sekolah yang ada terutama fasilitas yang mendukung proses pembelajaran siswa seperti media pembelajaran agar dapat melancarkan proses belajar mengajar. (2)Diharapkan guru memberikan bimbingan dan motivasi untuk rajin belajar dan lebih memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah guna kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.agar tercapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan prestasi belajar siswa. (3) Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu memiliki prestasi belajar yang cukup dan diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar tersebut dengan cara memaksimalkan pemanfaatan fasilitas belajar yang ada di sekolah seperti memanfaatkan perpustakaan sekolah ruang praktek laboratorium komputer dan sebagainya untuk mencapai prestasi yang lebih baik. (4) Dilihat dari adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa diharapkan orang tua lebih memberikan bimbingan dan teladan yang baik bagi anaknya agar mereka dapat berkonsentrasi dalam belajar serta mencapai prestasi yang lebih baik. (5)Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengambil manfaat dari penelitian yang telah dilakukan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan penelitian selanjutnya sehingga dapat mengambil kelebihan serta mampu memperbaiki segala kekurangan yang ada pada penelitian ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55050

Actions (login required)

View Item View Item