Septiani, Chuzaifah (2010) Pemanfaatan perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS B di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar / Chuzaifah Septiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Septiani Chuzaifah. 2010. Pemanfaatan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS B di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci Pemanfaatan perpustakaan sumber belajar pembelajaran sejarah Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Kota Blitar merupakan salah satu sumber belajar khususnya sumber belajar sejarah yang memiliki berbagai macam koleksi baik buku maupun non buku. Mengingat pentingnya Perpustakaan Bung Karno sebagai sumber belajar untuk menunjang pembelajaran sejarah dan belum pernah diteliti tentang bagaimana pelaksanaannya maka peneliti merasa perlu dilakukan penelitian tentang pemanfaatan Perpustakaan Bung Karno. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kesiapan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah 2) Bagaimana memanfaatkan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar 3) Apa saja Kendala dan kelebihan dalam pemanfaatan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kesiapan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah 2) Pemanfaatan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar 3) Kendala dan kelebihan dalam pemanfaatan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena penelitian ini memaparkan dan mendeskripsikan data secara objektif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang beralamat di Jln. Kalasan no 1 Kota Blitar dan SMA Negeri 1 Garum yang beralamat di Jln. Raya Bence Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukkan Perpustakaan Proklamator Bung Karno cukup memadai untuk pembelajaran sejarah. Kegiatan pemanfaatan Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang diketahui melalui observasi adalah siswa mencari referensi untuk dijadikan sumber belajar. Kendala yang ditemukan dalam pemanfaatan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Garum adalah keterbatasan jumlah tiap eksemplar pada tiap-tiap jenis buku kurangnya informasi dan kebiasaan buruk dari siswa. Sedangkan kelebihan dari kegiatan pembelajaran di Perpustakaan Proklamator Bung Karno memberikan tambahan variasi bagi guru dalam mengajar pelajaran sejarah wawasan siswa bertambah siswa lebih aktif dibandingkan di kelas dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam menggali sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dikelas dan pokok bahasan yang lain serta pembelajaran di Perpustakaan Proklamator Bung Karno diharapkan mampu menambah variasi pembelajaran bagi guru sejarah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55046 |
Actions (login required)
View Item |