Pemanfaatan situs sejerah Candi Jago sebagai salah satu sumber belajar dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang / Dwi Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan situs sejerah Candi Jago sebagai salah satu sumber belajar dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang / Dwi Setyorini

Setorini, Dwi (2010) Pemanfaatan situs sejerah Candi Jago sebagai salah satu sumber belajar dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang / Dwi Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Dalam penerapan KTSP sangat dibutuhkan SDM guru yang profesional. Guru harus memfasilitasi siswa-siswa untuk belajar secara maksimal dengan mempergunakan berbagai strategi metode media dan sumber belajar. Guru dituntut tidak hanya mendayagunakan sumber belajar yang ada di sekolah tetapi juga mempelajari berbagai sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. SMA Negeri 1 Tumpang adalah Sekolah Menengah Atas Negeri di wilayah Kecamatan Tumpang yang telah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sejak tahun ajaran 2006/2007 sampai sekarang. Penetapan SMA Negeri 1 Tumpang sebagai lokasi penelitian antara lain karena SMA Negeri I Tumpang merupakan sekolah tervaforit di wilayah kecamatan Tumpang dengan siswa-siswi yang memiliki prestasi yang bagus. Alasan lainnya karena lokasi SMA Negeri 1 Tumpang tidak jauh dari situs sejarah Candi Jago yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah. Pemanfaatan Candi Jago sebagai sumber belajar sejarah tersebut sesuai dengan inovasi pembelajaran yang diharapkan dalam KTSP. Berdasarkan pada judul dan latar belakang yang penulis kemukakan maka rumusan masalah yang muncul yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar dengan memanfaatkan situs sejarah Candi Jago sebagai sumber belajar sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang (2) Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanan pembelajaran dengan memanfaatkan situs sejarah Candi Jago sebagai sumber belajar sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang (3) Bagaimana tingkat efektifitas pemanfaatan situs sejarah Candi Jago sebagai sumber belajar sejarah dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang . Rancangan penelitian yang digunakan adalah rencangan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang dan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti (human instrument) yang melakukan wawancara observasi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang telah memanfaatkan situs sejarah sebagai salah satu sumber belajar. Adapun bentuk pemanfaatannya yaitu guru mengajak siswa melakukan pembelajaran di candi Jago. Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan situs sejarah candi Jago sebagai sumber belajar sejarah lebih menarik kegiatan belajar menjadi tidak membosankan dan menumbuhkan antusiasme siswa dalam belajar Hal ini terbukti dengan persentase observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran berdasarkan deskripsi yang tampak pada lembar observasi yaitu 85 54% dengan kriteria sangat baik. Pembelajaran lebih bermakna sebab siswa dapat menangkap secara konkrit memahami dan mengamati sumber secara langsung serta siswa mampu menyerap materi yang disajikan guru dengan baik. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran pelaksanan pembelajaran dengan memanfaatkan situs sejarah Candi Jago sebagai sumber belajar sejarah meliputi lokasi situs candi Jago yang berada dekat dengan SMA Negeri 1 Tumpang. Selain itu pembelajaran yang bersifat faktual biaya murah proses administrasi yang mudah dan pembelajaran yang sesuai dengan KTSP. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor kedisplinan siswa. Untuk mengukur tingkat efektifitas pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan situs candi Jago sebagai sumber belajar sejarah maka dilakukan tes hasil belajar. Dari hasil tes belajar siswa telah mencapai standar keberhasilan secara klasikal yang telah ditentukan yakni dengan persentase 90 24%. Berdasarkan hasil tes belajar tersebut maka pembelajaran sejarah dengan memanfaakan situs candi Jago sebagai sumber belajar efektif diterapkan di kelas XI SMA Negeri Tumpang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru sejarah memanfaatkan sirus sejarah sebagai salah satu sumber belajar sejarah dengan cara membawa siswa melakukan pembelajaran di situs secara langsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs sejarah sebagai salah satu sumber belajar sejarah hendaknya guru selalu berusaha mengembangkan kreatifitas dalam merencanakan kegiatan pemanfaatan sumber belajar secara efektif agar dalam pelaksanaan pembelajaran siswa merasa senang dan antusias sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55043

Actions (login required)

View Item View Item