Penerapan multimedia dan komik untuk meningkatkan aktivitas beserta hasil belajar siswa kelas VIIE pada pelajaran IPS (Sejarah) di SMP Negeri 13 Malang / Rike Ristiya Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan multimedia dan komik untuk meningkatkan aktivitas beserta hasil belajar siswa kelas VIIE pada pelajaran IPS (Sejarah) di SMP Negeri 13 Malang / Rike Ristiya Putri

Putri, Rike Ristiya (2010) Penerapan multimedia dan komik untuk meningkatkan aktivitas beserta hasil belajar siswa kelas VIIE pada pelajaran IPS (Sejarah) di SMP Negeri 13 Malang / Rike Ristiya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Rike Ristiya. 2009. Penerapan Multimedia Dan Komik Untuk Meningkatkan Aktivitas Beserta Hasil Belajar Siswa Kelas VIIE Pada Pelajaran IPS (Sejarah) Di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Nur Hadi M.Pd M.Si Kata Kunci Multimedia Dan Komik Aktivitas Hasil belajar Berdasarkan observasi awal melalui guru dan 38 siswa kelas VII E di SMP Negeri 13 Malang kondisi pembelajaran Sejarah yang dilakukan di kelas dapat dikatakan cukup baik walaupun sering menggunakan media konvesional dan pada umumnya guru hanya menggunakan metode ceramah saja pada saat mengajar . Permasalahan pembelajaran di kelas VIIE SMP Negeri 13 Malang adalah kurangnya inovasi dan variasi media pembelajaran yang menyenangkan dari seorang guru sehingga siswa merasa tidak tertarik pada saat pembelajaran di kelas dan pada umumnya guru hanya mengutamakan pada penyampaian pengetahuan saja tanpa ada pengembangan nilai diri pada siswa . Permasalahan tersebut memotivasi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang digunakan selain menggunakan metode ceramah dan salah satunya para guru Ilmu Pengetahuan Sosial harus menggunakan beberapa variasi multimedia ataupun metode pembelajaran yang menyenangkan dan bisa menunjang semangat dan hasil belajar siswa itu sendiri. Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru maka setidaknya siswa harus bisa menerapkan media mengajar yang sesuai dengan materi pelajaran itu sendiri karena sebagai alat bantu guru untuk menciptakan kondisi pembelajaran di kelas yang aktif kreatif dan menyenangkan.Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan beberapa multimedia dan salah satunya adalah komik LKS bergambar dan dilengkapi metode pembelajaran yang integratif . Adapun pemilihan lokasi penelitian berdasarkan pertimbangan karena kurang berfungsinya pemanfaatan sarana yang ada untuk menunjang proses pembelajaran sekolah dan sebagian besar siswa yang bersekolah disini adalah dari golongan menengah ke bawah dan untuk memanfaatan media sangat kurang sehingga tingkat aktivitas dan hasil belajar siswa kurang memberikan pengaruh dengan tujuan pembelajaran yang ada. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya adalah (1)Bagaimanakah penerapan Multimedia dan komik pada mata pelajaran Sejarah di kelas VII E di SMP Negeri 13 Malang (2)Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan multimedia dan komik pada mata pelajaran Sejarah kelas VII E di SMP Negeri 13 Malang (3)Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan multimedia dan komik pada mata pelajaran Sejarah kelas VII E di SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (action research) yaitu suatu studi sistematis terhadap praktik pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Instrument yang digunakan oleh peneliti meliputi soal tes pedoman wawancara lembar observasi lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjawab masalah pertama maka teknik analisis yang digunakan melalui lembar observasi ketepatan guru dengan cara membandingkan presentase keberhasilan tindakan guru dalam menerapkan media komik pada siklus I dan siklus II. Sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk menjawab masalah kedua yaitu dengan lembar observasi catatan lapangan dan dokumentasi lalu dengan cara membandingkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Untuk menjawab pada masalah ketiga maka digunakan teknik analisis melaui pemberian tindakan dengan post test. Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Sejarah untuk kelas VII semester I tahun pelajaran 2009/2010 yaitu terfokus pada materi pokok perkembangan kehidupan bangsa Indonesia pada zaman pra Sejarah. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui peningkatan ketercapaian aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada penelitian ini yakni dengan cara membandingkan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I terhadap siklus II tetapi menggunakan rujukan prosentase keberhasilan tindakan yang berbeda. Selain itu prosentase ketuntasan aktivitas dan hasil belajar secara klasikal dihitung dengan cara membandingkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan jumlah siswa secara keseluruhan (siswa maksimal) kemudian dikalikan 100%. Penerapan media pembelajaran dengan multimedia dan komik dilaksanakan tiga tahap sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun yakni tahap pendahuluan atau kegiatan awal tahap inti tahap penutup atau akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan multimedia dan komik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII E di SMP Negeri 13 Malang pada mata pelajaran IPS (Sejarah). Peningkatan atau ketercapaian aktivitas belajar siswa dapat dilihat secara keseluruhan pada siklus I 68 2 % dan pada siklus II sebesar 76 6%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dapat diketahui dengan terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 66 4 % dan pada siklus II sebesar 84 07 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada guru-guru sejarah yang lain khususnya guru sejarah SMP Negeri 13 Malang yang mengajar di kelas VII E atau lainnya agar mencoba menerapkan beberapa multimedia yang lebih variatif dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan multimedia dan komik dalam pembelajaran mata pelajaran lainnya agar diperoleh hasil penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55041

Actions (login required)

View Item View Item