Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS terpadu (sejarah) melalui pemanfaatan media dart board dengan teknik permainan di kelas VII H SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Lulus Anggoro Resti Nuryefi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS terpadu (sejarah) melalui pemanfaatan media dart board dengan teknik permainan di kelas VII H SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Lulus Anggoro Resti Nuryefi

Nuryefi, Lulus Anggoro Resti (2010) Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS terpadu (sejarah) melalui pemanfaatan media dart board dengan teknik permainan di kelas VII H SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Lulus Anggoro Resti Nuryefi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggoro R.N. Lulus. 2009. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Terpadu (Sejarah) Melalui Pemanfaatan Media Dart Board Dengan Teknik Permainan Di Kelas VII H SMP Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Sejarah FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Nur Hadi M. Pd. M. Si. Kata kunci Media Dart Board teknik permainan motivasi belajar. Berdasarkan observasi awal terhadap guru dan beberapa siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Malang kondisi pembelajaran Sejarah yang dilakukan di kelas dapat dikatakan cukup baik walaupun sering menggunakan metode ceramah dan media audio visual. Permasalahan pembelajaran yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa adalah motivasi belajar yang kurang dikarenakan siswa merasa jenuh terhadap penjelasan guru dan juga hubungan antar siswa yang terkesan individual sehingga berdampak pada kurang optimalnya motivasi belajar siswa. Mengacu pada pernyataan pentingnya meningkatkan motivasi belajar siswa maka pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan bisa dijadikan salah satu instrumen yang dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya (1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan pada matapelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di kelas VII H SMPN 2 Malang tahun 2009/2010 (2) Apakah melalui pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan pada mata pelajaran IPS Terpadu (sejarah) dapat meningkatkan motivasi siswa di kelas VII H SMPN 2 Malang tahun 2009/2010 . Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendiskripsikan pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan pada matapelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di kelas VII H SMPN 2 Malang tahun 2009/2010 (2) Mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan pada mata pelajaran IPS Terpadu (sejarah) di kelas VII H SMPN 2 Malang tahun 2009/2010. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (action research) yaitu suatu studi sistematis terhadap praktik pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi rancangan pembuatan media pedoman wawancara lembar observasi lembar catatan lapangan format penilaian angket dan dokumen. Untuk menjawab masalah pertama maka teknik analisa yang digunakan melalui lembar observasi ketepatan guru yaitu dengan cara membandingkan persentase keberhasilan tindakan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan pada siklus 1 dan siklus 2. Sedangkan teknik analisa yang digunakan untuk menjawab masalah kedua adalah menggunakan format observasi penilaian motivasi belajar siswa yaitu dengan cara membandingkan persentase motivasi belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2. Selain itu peneliti juga menggunakan angket motivasi belajar yang diberikan pada siswa. Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah IPS Terpadu (Sejarah) untuk kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yaitu terfokus pada materi Mendeskripsikan kehidupan pada masa Pra Aksara di Indonesia . Pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan dilakukan dalam dalam dua siklus masing-masing siklus adalah satu kali pertemuan. Hal ini karena telah disesuaikan dengan program semester yang telah disusun oleh pihak sekolah. Pada setiap pertemuan terdiri dari tiga tahap sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun yakni tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap penutup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII H di SMP Negeri 2 Malang pada mata pelajaran IPS Terpadu (Sejarah). Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari presentase hasil penilaian observasi motivasi belajar siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 75 63% dan pada siklus 2 sebesar 91 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada guru-guru IPS khususnya Sejarah hendaknya mulai mencoba pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan di kelas karena terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Di samping itu melalui pemanfaatkan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan dapat membantu siswa dalam menciptakan pembelajaran yang aktif kreatif inovatif efektif dan menyenangkan sehingga tidak membosankan.. Selain itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan media pembelajaran dart board dengan teknik permainan dalam pembelajaran mata pelajaran lainnya agar diperoleh hasil penelitian yang representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55040

Actions (login required)

View Item View Item