Perbandingan efektifitas pembelajaran konvensional dengan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran IPS-Sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 17 Malang / Uswatun Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan efektifitas pembelajaran konvensional dengan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran IPS-Sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 17 Malang / Uswatun Hasanah

Hasanah, Uswatun (2010) Perbandingan efektifitas pembelajaran konvensional dengan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran IPS-Sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 17 Malang / Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Uswatun. 2009. Perbandingan Efektifitas Pembelajaran Konvensional Dengan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS-Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 17 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Siti Malikah Towaf M.A P.hD Kata Kunci Model Numbered Heads Together (NHT) Metode Ceramah dan Tanya Jawab Hasil Belajar Salah satu masalah pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah masih adanya pola pembelajaran teoritis dan kurang bervariasi. Selain itu kegiatan pembelajaran di kelas sering textbook oriented dan kurang mengaitkan dengan lingkungan dan situasi dimana siswa berada. Berdasarkan hasil observasi dalam proses pembelajaran IPS-sejarah di SMPN 17 Malang masih sering menggunakan model ceramah dan pernah menggunakan diskusi sederhana yang kurang bervariasi sehingga siswa sering merasa bosan dan jenuh pada akhirnya hasil belajarnya pun kurang maksimal. Namun karena perkembangan zaman maka metode konvensional dengan ceramah dan tanya jawab sudah tidak relevan digunakan. Oleh karena itu peneliti memperkenalkan metode yang bisa digunakan sebagai inovasi pembelajaran di SMPN 17 Malang yaitu Numbered Heads Together (NHT). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Sejarah siswa kelas VIII SMP N 17 Malang yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional (2) bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Sejarah siswa kelas VIII SMP N 17 Malang yang diajarkan dengan menggunakan metode kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) (3) bagaimana perbandingan efektifitas metode konvensional dan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS-Sejarah siswa kelas VIII SMP N 17 Malang dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Sejarah siswa kelas VIII SMP N 17 Malang yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Sejarah siswa kelas VIII SMP N 17 Malang yang diajarkan dengan menggunakan metode kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) (3) mengetahui perbandingan efektifitas metode konvensional dan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS-Sejarah siswa kelas VIII SMP N 17 Malang dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas VIII yang mendapat perlakuan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sebagai kelas eksperimen dengan yang mendapat pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab sebagai kelas kontrol pada mata pelajaran IPS-Sejarah kelas VIII SMP N 17 Malang . ii Penelitian ini adalah penelitian eksperimental (Experimental Research) dengan jenis penelitian eksperimen ini adalah Eksperimen Kuasi (Quasi Experimental design). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab lebih rendah dibandingkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). (2) adanya peningkatan belajar dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebesar 28 79%. (3) pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab Kesimpulan dari penelitian ini (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ceramah cenderung lebih rendah dibandingkan dengan hasil siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). (2) sesuai yang telah dilakukan peneliti dilapangan bahwa pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) jauh lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional terkait dengan hasil pembelajaran siswa. Saran pada penelitian ini (1) perlu adanya literatur mata pelajaran IPS yang lebih lengkap di sekolah. (2) pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sebagai alternatif pilihan pembelajaran dikelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (3) selanjutnya dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan kompetensi dan subjek yang berbeda. (4) siswa hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55038

Actions (login required)

View Item View Item